Kalahkan Sprinter Top, Groenewegen Menangi Etape Keempat UAE Tour

Etape keempat UAE Tour 2020 menjadi milik pembalap Jumbo-Visma, Dylan Groenewegen. Rider asal Belanda ini menyelesaikan balapan dengan catatan waktu 4 jam 16 menit dan 13 detik. Tempat kedua dihuni Fernando Gaviria (UAE-Team Emirates). Posisi ketiga ditempati Pascal Ackermann (BORA-Hansgrohe).

Etape keempat UAE Tour 2020 menjadi santapan empuk bagi sprinter. Para pembalap dihidangkan medan mendatar sepanjang 173 kilometer. Dari Zabeel Park menuju Dubai City Walk. Tak ada satu pun tanjakan yang menjadi rintangan di etape ini.

Dua pembalap, Veljko Stojnic (Vini Zabu-KTM), Will Clarke (Trek-Segafredo) langsung melancarkan serangan sejak awal balapan. Berlari kencang sejak start, keduanya meninggalkan rombongan besar dengan gap lebih dari menit pada 27 kilometer pertama.

Stojnic dan Clarke berlari sendirian di depan. Stojnic berhasil merebut poin di intermediate sprint pertama di Dubai Motor City (KM 42). Clarke membalas dengan merebut intermediate sprint kedua di Al Khawaneej 1 (KM 132.1). Keduanya masih belum terkejar.

Sementara itu, pembalap Deceunick-Quickstep, Lotto Soudal, BORA-Hansgrohe, dan Jumbo-Visma tampak memenuhi, dan mengontrol peleton. Caleb Ewan (Lotto Soudal) mengalami kecelakaan pada KM 70. Beruntung rider asal Australia ini bisa melanjutkan lomba.

Stojnic berhasil ditangkap oleh peleton pada 40 kilometer menjelang finis. Hanya tersisa Clarke yang berlari sendirian di baris terdepan. Setelah perjuangan yang impresif, pembalap 34 tahun ini tertangkap oleh peleton pada 7.5 kilometer akhir.

Deceunick-Quickstep melaju ke depan dan memimpin rombongan pada kilometer terakhir. Sedangkan Gaviria dan Groenewegen berada tidak jauh di belakang. Andalan Quickstep, Sam Bennett membuat manuver pada 200 meter terakhir. Namun tenaganya memudar menjelang finis.

Momen ini dimanfaatkan Groenewegen untuk mencuri kemenangan. Ia memenangkan adu sprint dan menjadi pembalap pertama yang menyentuh garis start. Sedangkan Gaviria dan Ackermann dipaksa puas di posisi kedua, dan ketiga. Sementara Bennett finis keempat.

"Ini adalah hasil yang bagus. Hari ini saya berhasil mengalahkan seluruh sprinter top. Saya senang karena kami bisa menyelesaikan pekerjaan tim," ucap Groenewegen seusai lomba.

Kemenangan Groenewegen di etape keempat tak mengubah keadaan di general classification. Adam Yates (Mitchelton-SCOTT) masih berada di pucuk klasemen, dan tetap berhak atas red jersey.(mainsepeda)

Hasil Etape 4 UAE Tour 2020 (Sepuluh Besar)


1. Dylan Groenewegen, Jumbo-Visma 4 jam 16 menit 13 detik

2. Fernando Gaviria, UAE Team Emirates +0,00

3. Pascal Ackermann, Bora-Hansgrohe +0,00

4. Sam Bennett, Deceuninck – Quick-Step +0,00

5. Caleb Ewan, Lotto-Soudal +0,00

6. Kaden Groves, Mitchelton-Scott +0,00

7. Jakub Mareczko, CCC Team +0,00

8. Attilio Viviani, Cofidis +0,00

9. Rudy Barbier, Israel Start-Up Nation +0,00

10. Max Walscheid, NTT Pro Cycling +0,00

General Classification Setelah Etape 4 (Sepuluh Besar)

1. Adam Yates, Mitchelton-Scott 16 jam 46 menit 15 detik

2. Tadej Pogacar, Mitchelton-Scott +1,07

3. Alexey Lutsenko, Astana +1,35

4. David Gaudu, Groupama-FDJ +1,40

5. Rafal Majka, Bora-Hansgrohe +1,40

6. Jesus Herrada, Cofidis, +2,057

7. Wilco Kelderman, Team Sunweb, +2,068

8. Diego Ulissi, UAE Team Emirates +2,06

9. Patrick Konrad, Bora-Hansgrohe +2,06

10. Eddie Dunbar, Team Ineos +2,06


COMMENTS