Pearson Cycles, Toko Sepeda Tertua di Dunia

Pearson Cycles menjadi toko sepeda tertua yang masih eksis hingga saat ini. Toko sepeda di Ingris ini berdiri sejak 1860. Pada saat ini Pearson Cycles dikelola oleh generasi kelima dari keluarga Pearson.

Sebenarnya penyandang status toko sepeda tertua adalah Howes of Cambridge dari Inggris. Toko ini didirikan pada 1840 silam. Namun, setelah berjualan selama 173 tahun, Howes of Cambridge tutup pada 2013 lalu. Status sebagai toko sepeda tertua yang masih eksis pun jatuh ke tangan Pearson Cycles.

Riwayat Pearson Cycles dimulai dari sang kakek buyut, Thomas Pearson. Ia dalah seorang pandai besi yang mendirikan sebuah toko sepeda di Sutton, Inggris, 160 tahun silam. Keterampilannya mengolah logam membuat Tom, sapaannya, sangat piawai untuk membuat spare part sepeda.

Setelah membuat, dan menjual spare part sepeda, toko ini pun kian berkembang. Sejak putra Tom, Harry Pearson mengambil kendali, toko ini mulai memproduksi sepedanya sendiri. Sepeda pertama yang diproduksi Pearson Cycles diberi nama 'Endeavour'.

Bisnis ini kemudian diturunkan kepada dua putra Harry, yakni Arthur Pearson, dan Len Pearson pada 1939. Keduanya 'berkuasa' di toko hingga 1960an. Putra Arthur, Roger Pearson berkuasa setelahnya. Ia adalah seorang pembalap. Roger mengelola toko ia ia meninggal karena kanker pada 1996.

Sepeninggal Roger, toko Pearson Cycles dikelola oleh kedua putranya, Guy Pearson, dan Will Pearson. Guy, dan Will kemudian membuka Pearson Performance di London barat pada 2012. Ini adalah cabang pertama dari Pearson Cycles sejak mereka berdiri selama lebih dari satu setengah abad.

"Kami memiliki program peluncuran yang lambat. Satu toko setiap 150 tahun," canda Will pada saat itu. Toko Pearson Performance di London Barat dibuat lebih modern, dan lebih lengkap. Bahkan, toko ini memiliki kedai kopi sendiri. Guy, dan Will mempekerjakan 30 orang untuk mengelola kedua toko tersebut.

Untuk urusan produksi sepeda, Pearson fokus ke road bike. Pilihan ini sudah mereka ambil sejak 2000 lalu. "Titik baliknya adalah Pearson Touché. Kami menjualnya dalam jumlah ribuan," ucap Guy kepada Bikebiz. Pearson Touché pula yang membuat mereka dikenal sebagai produsen road bike yang bonafide di Inggris.

Pearson Cycles mengklaim selalu menawarkan produk, dan layanan berkualitas tinggi. Selain itu, mereka juga menjaga hubungan baik dengan para pelanggan. Itu lah yang membuat toko ini awet hingga 160 tahun. "Di Pearson, kami percaya (bahwa) bersepeda harus menyenangkan," jelas mereka.

Sekarang Person tak hanya memproduksi sepeda. Mereka juga menghasilkan pakaian, dan aksesoris sepeda lainnya. Semua dijual dengan satu label yang sama: Pearson.(mainsepeda)


COMMENTS