Remco Evenepoel, Si Lionel Messi-nya Balap Sepeda

Remco Evenepoel sedang menjadi pembicaraan dunia setelah memenangi Vuelta a San Juan 2020. Pembalap Deceuninck–Quick-Step ini dijuluki the next Eddy Merckx. Selain itu, pembalap asal Belgia ini disebut sebagai Lionel Messi-nya balap sepeda.

Evenepoel masih sangat muda. Usianya baru 20 tahun. Namanya meroket sejak menjadi juara road race, dan Individual Time Trial (ITT) kategori men junior pada Kejuaraan Dunia 2018 lalu. Pada saat itu ia baru berusia 18 tahun.

Binar Evenepoel kian terang setelah Kejuaraan Dunia 2019 di Yorkshire, Inggris. Evenepoel naik kasta. Ia membalap di kelas men elite. Debutnya di kelas primer berakhir manis. Evenepoel sukses menjadi runner up. Ia terpaut 1 menit 8 detik dari sang juara dunia ITT, Rohan Dennis.

Serangkaian keberhasilan itu membuat Evenepoel digadang-gadang bisa menyamai level Eddy Merckx. Merckx adalah Michael Jordan-nya balap sepeda. Julukannya The Cannibal. Merckx merupakan pemegang lima gelar Tour de France, lima titel Giro d'Italia, dan sebiji gelar Vuelta a Espana.

Dijuluki The Next Eddy Merckx membuatnya bangga sekaligus tak nyaman. Ia berharap masyarakat menilainya sebagai Remco Evenepoel, bukan suksesor Eddy Merckx. "Saya ingin menjaga kaki saya tetap di bumi," bilang Evenepoel.

"Saya hanya mencoba untuk menjadi diri sendiri, dan menjadi versi terbaik dari diri saya. Saya memiliki tim yang sangat baik untuk membantu saya dalam hal ini. Saya cukup yakin tetap menjadi yang terbaik di akhir karier saya nanti," tegasnya.

Selain dibanding-bandingkan dengan Merckx, ia disebut sebagai Lionel Messi-nya balap sepeda. Bahkan Evenepoel dianugrahi jersey tim nasional Argentina dengan nomor punggung 10 seusai memenangi Vuelta a San Juan 2020.

"Lionel Messi adalah bintang besar. Sangat menyenangkan ketika saya dikatakan sebagai Lionel Messi dari dunia balap sepeda," ujar Evenepoel. "Tapi saya lebih suka disebut si bocah ajaib saja. Saya lebih suka mendengarnya," pintanya.

Setelah menuntaskan balapan di Argentina, Evenepoel akan bertarung di Volta ao Algarve em Bicicleta di Portugal. Kemudian ia aian terbang ke Italia untuk mengikuti Tirreno-Adriatico. Evenepoel juga dijadwalkan tampil di Giro d'Italia tahun ini.(mainsepeda)


COMMENTS