Ruth Winder Juara Perempuan, Patahkan Dominasi Australia

Pembalap Amerika Serikat, Ruth Winder (Trek-Segafredo), berhasil meraih juara overall Women's Tour Down Under 2020. Dia mampu finis aman di peloton di etape keempat sekaligus penutup, di Adelaide, Minggu (19/1).

Dengan hasil ini, sang juara nasional Amerika Serikat itu pun mematahkan dominasi Australia. Dalam tiga tahun terakhir, lomba perempuan ini selalu dimenangkan oleh Amanda Spratt dan tim Mitchelton-Scott.

Etape keempat ini berupa kriterium, mengeliling sirkuit kota sebanyak 25 kali dan menempuh jarak total 42,5 km. Memasuki etape ini, Winder unggul di general classification (GC) sebanyak tujuh detik atas Spratt dan Liane Lippert (Team Sunweb).

Walau datar, ada total 19 detik bonus disediakan di etape penutup, jadi Winder dan Trek-Segafredo benar-benar harus mengawasi pergerakan di peloton.

Pada akhirnya, Lippert dan Spratt hanya mampu mencuri beberapa detik. Winder tetap juara, unggul lima detik atas Lippert dan enam detik atas Spratt.

Etape penutup ini sendiri dimenangi oleh pembalap Italia, Simona Frapporti (BePink). Ini bukan etape yang mudah pula. Hawa dingin, sekitar 18-20 derajat Celcius, dibarengi dengan angin yang berhembus begitu kencang. Khususnya di garis start/finis, yang menghantam angin kencang.

"Gila rasanya memenangi Tour Down Under," kata Winder di podium, usai seluruh rangkaian lomba. "Rasanya begitu luar biasa. Ini bukan olahraga untuk satu orang. Untuk meraih setiap kemenangan, kita membutuhkan tim yang kuat. Seandainya rekan-rekan saya bisa menemani di podium," tambahnya, disambut sorakan rekan-rekannya di depan podium.

Dari Women's Tour Down Under 2020, Winder dan pasukannya tidak langsung balik ke Amerika maupun Eropa. Mereka masih mengikuti satu lomba lagi di Negeri Kanguru, yaitu Cadel Evans' Race di dekat Melbourne, awal Februari nanti. "Kami baru kembali ke Eropa Februari nanti," pungkasnya.(Laporan: AZRUL ANANDA dan JOHN BOEMIHARDJO dari Adelaide)

 

FINAL GENERAL CLASSIFICATION

Women's Tour Down Under 2020 (4 Etape)

1. Ruth Winder (Amerika Serikat), Trek-Segafredo 10 jam 11 menit 7 detik

2. Liane Lippert (Jerman), Team Sunweb + 5 detik

3. Amanda Spratt (Australia), Mitchelton-Scott + 6 detik

4. Lauren Stephens (AS), Tibco-Silicon Valley Bank + 17 detik

5. Chloe Hoskings (Australia), Rally Cycling + 30 detik

6. Leah Kirchmann (Kanada), Team Sunweb + 32

7. Andrea Ramirez Fregoso (Meksiko), Agolico BMC + 33

8. Katia Ragusa (Italia) Astana Women's Team + 34

9. Jessica Pratt (Australia), Canyon-SRAM + 34

10. Peta Mullens (Australia), Roxsolt-Attaquer + 35

Foto-Foto: John Boemihardjo 


 


COMMENTS