Laporan Mainsepeda.com dari Tour Down Under 2020 di Adelaide
Caleb Ewan Juara Kriterium Pembuka untuk Kali Keempat
by - January 19, 2020

Sprinter mungil Australia benar-benar sulit ditaklukkan di negeri sendiri. Caleb Ewan (Lotto-Soudal), berhasil memenangi Schwalbe Classic, kriterium pemanasan Tour Down Under, untuk kali keempat dari lima partisipasi!

Pada Minggu (19/1), Ewan melejit seperti tanpa lawan berarti. Melompat dari sebelah kanan para pesaing, lalu finis dengan jarak cukup aman dari finisher kedua, juara Eropa Elia Viviani (Cofidis Solutions Credits).

Balapan kriterium ini memang sudah jadi tradisi pembuka di Australia. Secara resmi, ini bukan bagian dari Tour Down Under, yang edisi 2020 akan dimulai Selasa, 21 Januari, sebanyak enam etape. Tapi, setiap tahun ajang ini selalu jadi sorotan. Sebab, inilah kali pertama para sprinter terbaik unjuk gigi, mengukur kekuatan.

Nama-nama besar hadir tahun ini. Selain Ewan, ada Andre Greipel (Israel Start-Up Nation), Elia Viviani (Cofidis), Sam Bennett (Deceuninck-QuickStep), serta beberapa sprinter lain.

Schwalbe Classic Minggu ini berlangsung 30 putaran, melahap jarak total 51 km. Lokasinya benar-benar di tengah kota Adelaide, melintasi kawasan Race Village. Cuaca petang itu cukup menantang (start pukul 18.45 waktu setempat), hujan gerimis dan hawa dingin 18 derajat Celcius.

Tak heran, para pembalap mengawalinya dengan agak hati-hati. Walau semakin lama kecepatan terus meningkat, khususnya mendekati akhir.

Pada sepuluh putaran pertama, Caleb Ewan tampak begitu santai. Terus berada di buritan peloton. Ditemani oleh "tukang tarik" utamanya, Roger Kluge. Begitu pertengahan lomba, dia maju ke depan.

Pada putaran akhir, Tim EF Education First tampak paling ambisius di depan. Berusaha mengantarkan Kristoffer Halvorsen sebagai pemenang. Namun, di belakang kereta pink itu, Ewan tampak begitu tenang.

Benar saja, secara tiba-tiba Ewan melejit dari sisi kanan. Dia melejit begitu cepat, tak satu pun mampu bereaksi mengejar. Viviani harus puas di urutan kedua, diikuti rekan setimnya Simone Consonni. Tim EF harus gigit jari, begitu pula Greipel dan Bennett.

Di podium juara, Ewan mengaku sempat tidak yakin bisa menang. Karena dia merasa Kluge melepasnnya terlalu jauh dari garis finis. Tapi ternyata itu masih cukup.

Kemenangan ini juga membuatnya sangat lega. Karena ada beban besar untuk langsung tampil cepat di awal 2020 ini. Ternyata, hasil persiapannya selama masa libur lomba masih luar biasa.

"Ini lomba pertama saya tahun ini. Biasanya sebelumnya saya sudah ikut beberapa lomba dulu. Tapi saya merasa nyaman sekali," kata pembalap berdarah Korea tersebut.

Sementara para sprinter berebut kemenangan, para bintang utama Tour Down Under menggunakan kriterium ini sebagai ajang pemanasan. Mereka menjauh dari persaingan, menghindari risiko berlebihan. Ambil contoh Richie Porte (Trek-Segafredo) dan Daryl Impey (Mitchelton-Scott). Mereka bahkan finis di kelompok paling belakang.

Tour Down Under 2020 resmi dimulai Selasa, 21 Januari. (Laporan: AZRUL ANANDA dan JOHN BOEMIHARDJO dari Adelaide) 

HASIL SEPULUH BESAR

Schwalbe Classic, Adelaide

1. Caleb Ewan (Australia), Lotto-Soudal 1 jam 4 menit 29 detik

2. Elia Viviani (Italia), Cofidis

3. Simone Consonni (Italia), Cofidis

4. Jasper Philipsen (Belgia), UAE Team Emirates

5. Kristoffer Halvorsen (Norwegia), EF Education First

6. Alberto Dainese (Italia), Team Sunweb

7. Michael Morkov (Denmark), Deceuninck-QuickStep

8. Sam Welsford (Australia), Timnas Australia

9. Christopher Lawless (Inggris), Team Ineos

10. Giacomo Nizzolo (Italia), NTT Pro Cycling

Foto-Foto: Pool Photo Tour Down Under 2020 dan John Boemihardjo

 


COMMENTS