Happy Ending, Folbak Tutup Tahun dengan LSR 2019

Folding Bike Balikpapan (FOLBAK) didapuk sebagai tuan rumah Last Sunday Ride (LSR) di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim). Event yang berlangsung Minggu (29/12) kemarin itu berjalan sukses, dan diikuti 650 cyclist dari berbagai daerah di Kaltim.

Menurut data dari panitia, peserta LSR di Balikpapan tak hanya berasal dari Kota Minyak saja. Peserta juga datang dari sejumlah daerah di Kaltim. Seperti Penajam, Tenggarong, Samarinda, Bontang, Sangatta, Berau, dan Samboja.

LSR di Balikpapan dibagi dalam dua sesi, yakni race, dan fun bike. Meski dipilah, seluruh peserta melewati rute yang sama. Keputusan menggelar sesi race tak lepas dari tingginya minat balap sepeda di Balikpapan.

“Kami membuat sesi race untuk mengukur kemampuan kawan-kawan yang selama ini rajin latihan. Jadi mereka bisa melihat performa cyclist lain untuk dijadikan motivasi,” jabar Ketua Folbak, Iwan Jack kepada Mainsepeda.com, Selasa (31/12) pagi.

Iwan mengatakan, salah satu tantangan di LSR Balikpapan adalah medannya yang naik turun, alias rolling. Walaupun jaraknya pendek, hanya 33 kilometer, peserta dituntut untuk menaklukkan rute berjuluk punggung naga tersebut.

Setelah prosesi start di Gedung Telkom Property Area VI Regional Kalimantan, peserta langsung disuguhi tanjakan Bukit Damai Sentosa (BDS) ke Gunung Bakaran. Setelah itu peserta menyusuri jalan menuju Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan.

Dari Sepinggan, peserta kembali disuguhi sejumlah tanjakan di depan kediaman Wali Kota Balikpapan, dan tanjakan Ruhui Rahayu. Selepasnya, peserta ditantang untuk menaklukkan tanjakan sembilan kelok naga yang masyhur di Balikpapan.

Satu pit stop disediakan di tanjakan Mazda atas. Seusai beristirahat sejenak, perjalanan berlanjut menuju Rapak. Kemudian peserta diberi kesempatan untuk sprint di Jalan Minyak yang merupakan rute favorit pesepeda di Balikpapan.

Sebelum menyentuh garis akhir, peserta kembali ditantang untuk menaklukkan tanjakan kepala naga kembar. Lokasinya berada di Gunung Dubs, Balikpapan. Spot ini sekaligus menjadi garis finis dari perjalanan LSR 2019 di Kota Minyak.

Bertempat di halaman sekretariat Folbak, LSR 2019 ditutup dengan pembagian medali, hadiah, dan piagam bagi para finisher. Setelah itu dilakukan pengundian doorprize berupa dua buah sepeda, dan beragam hadiah lainnya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, dan sponsor yang membantu menyukseskan acara LSR 2019 di Balikpapan,” imbuh bapak tiga anak itu.

Tak sekadar jadi agenda tutup tahun, LSR juga tempat berkumpulnya cyclist Balikpapan, dan daerah sekitar. Selain berjumpa, mereka juga dapat bertukar pengalaman terkait sepeda. “Bahkan menjadi tempat jual beli part sepeda dadakan,” tutup Iwan.(mainsepeda)

 

Hasil Race LSR 2019 di Balikpapan

Kategori Road Bike:

1. Firman (62 Bike)

2. Ikhwan (62 Bike)

3. Zulkahar (BRC)

4. Guntur (62 Bike)

5. Iswanto (PHM)

 

Kategori Folding Bike:

1. Julak (CRC)

2. Fauzan (Folbak)

3. Danoe (Folbak)

4. Purwanto (RGC)

5. Dicky (Folbak)

 

Kategori MTB:

1. Nivo (Cheetah)

2. Ridho (62 Bike)

3. Aditya (BCC)

4. Zeni (62 Bike)

5. Ridwan (BCC)

 

Kategori WOMAN:

1. Yestiana (MTB GSS)

2. Atik (FB SBC)

Foto: Dokumentasi Folbak


COMMENTS