Kamboja Bangun Jalur Sepeda Demi Lindungi Angkor Wat

Pemerintah Kamboja sedang mempersiapkan jalur sepeda untuk dibangun di sekitar Angkor Wat. Pembangunan jalur sepeda ini dimaksudkan untuk mengurangi kemacetan di kompleks kuil Hindu yang dibangun pada abad ke-12 tersebut.

Bersepeda sudah lama menjadi metode ramah lingkungan untuk menjelajahi salah satu warisan dunia yang dilindungi UNESCO tersebut. Namun, keselamatan pesepeda semakin tidak aman karena harus berbagi jalur dengan kendaraan lainnya. Mulai dari mobil, sepeda motor, tuk-tuk, dan minivan. Oleh sebab itu, pemerintah Kamboja berencana membangun jalur sepeda di sekitar kompleks Angkor Wat.



Laman Lonelyplanet melaporkan, jalur sepeda tersebut akan berada di jalan-jalan utama di sekitar Angkor Wat. Metode konstruksi juga telah dipertimbangkan dengan cermat, dan matang. Bahan yang dipilih untuk pembangunan jalur sepeda pun harus ramah lingkungan.

"Bahan yang ringan, dan fleksibel digunakan untuk meminimalkan dampak pada lapisan tanah, dan untuk mengurangi tekanan pada akar pohon terdekat," tulis Lonelyplanet.

Setelah mendapatkan lampu hijau dari International Coordinating Committee for Angkor (ICC-Angkor), proyek pembangunan akan dilaksanakan oleh Otoritas untuk Perlindungan Situs dan Manajemen Wilayah Angkor (APSARA).

Nantinya, jalur sepeda selebar dua meter dibangun di antara kuil utama Angkor Wathingga kuil Hindu Ta Keo.

Usaha untuk 'menyelamatkan' Angkor Wat sebelumnya telah dilakukan pada 2016 lalu. Pada saat itu pemerintah melarang kendaraan bermotor melintas di sepanjang 300 meter di depan pintu masuk Angkor Wat. Sehingga polusi dan getaran tidak merusak Angkor Wat.(mainsepeda)

FOTO: REI, Vietlong Travel


COMMENTS