Dunia sepeda benar-benar sudah campur aduk. Semakin kabur pemisah antara road bike dengan MTB. Apalagi dengan terus booming-nya kategori gravel bike. Bila biasanya gravel bike adalah road bike yang mampu diajak offroad, maka sekarang ada yang datang dari sisi kebalikan. Sebuah MTB yang senang diajak main gravel, atau bahkan nge-road.

Sepeda itu adalah Chamois Hagar buatan Evil Bikes, sebuah brand yang biasanya sangat fokus MTB. Namanya sangat unik, bikin penggemar musik rock cekikikan. Karena bacanya "Sammy Hagar," yang tidak lain adalah mantan vokalis grup musik Van Halen.

Nah, Chamois Hagar ini benar-benar MTB banget. Lihat saja bentuknya dari samping. Seandainya tidak ada drop bar di depan, jelas-jelas geometri dan bentuknya MTB. Khas sepeda gravel, Chamois Hagar bisa dipasangi ban 700c, dengan lebar hingga 50 mm.

Menurut penjelasan resmi Evil Bikes, mereka memang membuat sepeda gravel dengan basis MTB. "Kebanyakan perusahaan memulai dengan sepeda road lalu membuat geometrinya lebih rileks untuk gravel, secara konservatif. Tidak terlalu ekstrem. Kami tidak begitu. Kami memulai dari MTB yang sesungguhnya, lalu membuatnya lebih road," bunyi rilis media Evil Bikes.

Sepeda ini siap diajak untuk segala medan dan kebutuhan. Termasuk untuk turing sejauh-jauhnya. Ukuran besarnya bisa dipasangi tujuh bottle cage, enam untuk ukuran kecil. Bisa dipasangi fender dan rak. Jalur kabel-kabel internalnya dirancang tahan segala cuaca.

Sepeda ini bisa dipasangi aneka grupset. Contoh di gambar adalah dengan SRAM AXS 12-speed, dipadu sproket Eagle 10-50T. Ada juga contoh pakai Shimano GRX. Keduanya sama-sama memakai sistem 1x, alias hanya satu chainring di depan. (mainsepeda)

 


COMMENTS