Tim Road Race Indonesia Berhasil Pecah Telur di SEA Games 2019

Tim balap sepeda Indonesia dipastikan mendapatkan satu emas, dua perak, dan satu perunggu dari disiplin road race SEA Games 2019. Hasil ini jauh lebih baik daripada perolehan tim road race pada SEA Games 2017, dan SEA Games 2015 lalu. 

Aiman Cahyadi memperoleh satu-satunya medali emas dari Individual Time Trial (ITT) putra, Kamis (5/12) lalu. Pembalap PGN Road Cycling Team ini berhasil menyisihkan Thanakhan Chaiyasombat asal Thailand, dan Goh Choon Huat dari Singapura.

Kemudian, Indonesia merebut satu keping perak dari balapan Team Time Trial (TTT), Sabtu (7/12) kemarin. Tim Indonesia yang diperkuat Aiman, Robin Manullang, Muhammad Abdurrohman, dan Odie Setiawan, terpaut empat detik dari Thailand.

Medali perak juga diperoleh dari nomor Mass Start Team, Minggu (8/12) siang. Tim Indonesia menorehkan catatan waktu 10 jam 9 menit 9 detik. Medali emas direbut Thailand dengan catatan waktu 10 jam 7 menit 5 detik. Sedangkan perunggu diamankan Filipina dengan 10 jam 14 menit 50 detik.

Perlu diketahui, perolehan medali di nomor Mass Start Team diukur dari akumulasi catatan waktu tiga pembalap yang finis tercepat dari masing-masing negara di nomor Individual Road Race (IRR), Minggu siang.

Sarawut Sirironnachai (Thailand) merebut emas IRR dengan catatan waktu 3 jam 21 menit 11 detik. Medali perak diraih Ariya Phounsavath (Laos) dengan selisih 9 detik. Goh Choon Huat (Singapura) mengamankan perunggu dengan gap 29 detik atas Sarawut.

Rider Indonesia, Jamalidin Novardianto finis keempat di nomor IRR. Ferdi, sapaannya, menyelesaikan balapan sejauh 130 kilometer dengan catatan waktu 3 jam 22 menit 13 detik. Ia terpaut 1 menit 2 detik dengan Sarawut.

Selain Ferdi, Sandy Nur Hasan, dan Aiman juga berhasil finis di sepuluh besar. Sandy nangkring di posisi keenam dengan gap 1 menit 32 detik dari peringkat pertama. Sedangkan Aiman finis kesepuluh. Ia berjarak 3 menit 2 detik dari Sarawut.

Selain satu emas, dan dua perak, tim balap sepeda Indonesia juga memperoleh satu perunggu. Adalah Ayustina Delia Priatna yang berhasil memperoleh medali perunggu dari nomor IRR Putri, Jumat (6/12) kemarin.

Perolehan satu emas, dua perak, dan satu perunggu dari disiplin road race memperbaiki pencapaian Indonesia. Pada SEA Games 2017 di Malaysia, tim road race Indonesia hanya mendapatkan satu perunggu lewat Ayustina di nomor IRR Putri.

Pencapaian ini juga lebih baik dari SEA Games 2015 di Singapura. Pada saat itu tim balap sepeda Indonesia hanya meraih satu emas dari disiplin road race.(mainsepeda) 

Foto: Dokumentasi PB ISSI

 


COMMENTS