Resmi! Factor Bikes Kembali Masuk WorldTour
by - November 28, 2019
Resmi! Factor Bikes Kembali Masuk WorldTour
by MainSepeda - November 28, 2019

Factor Bikes, merek sepeda asal Inggris, resmi kembali ke arena WorldTour mulai 2020. Mereka telah meneken kontrak dengan Israel Cycling Academy (ICA), tim baru yang mengambil alih Katusha-Alpecin. Kontrak ini panjangnya tiga tahun.

Ini berarti, Factor hanya absen setahun. Sebelumnya, pada 2017 dan 2018, mereka menyokong tim Prancis, AG2R La Mondiale.

Factor tidak terjun sendirian. Mereka menyeret serta anak perusahaannya, Black Inc., untuk mensuplai wheelset dan komponen-komponen lain. Sebagai pelengkap, ICA juga didukung komponen CeramicSpeed, sadel Selle Italia, ban Maxxis, dan grupset Shimano.

Rob Gitelis, pemilik Factor, mengaku senang bisa kembali ke ajang tertinggi. Walau nilai yang harus diinvestasikan besar sekali. Menurut Gitelis, ICA akan memberi peluang lebih bagi Factor, daripada ketika menyokong AG2R dulu. Kata dia, ICA lebih internasional.

"Salah satu elemen atraktif ICA adalah begitu banyaknya pembalap internasional di sana. Ada Amerika, Kanada, Spanyol, Prancis, dan lain-lain. Belakangan, semakin banyak tim menjadi semakin nasionalis. Seperti AG2R, yang walau ada pembalap negara lain, bahasa mereka masih sangat Prancis. Jadi, sangat atraktif bagi kami untuk terlibat di tim yang berbahasa Inggris," jelasnya.

Menuju WorldTour 2020, ICA memang mengontrak banyak bintang internasional. Ada Nils Politt, Alex Dowsett, Dan Martin, Rory Sutherland, Davi Navarro, dan Andre Greipel.

Jadi, tim ini punya banyak senjata untuk mengejar sukses di berbagai arena. Mulai grand tour (Dan Martin) hingga sprint (Greipel). Rencananya, para pembalap yang cenderung climber akan menggunakan sepeda 02 VAM, sedangkan yang sprinter memakai Factor One.

Total, pada tahun pertama, Factor akan menyediakan sekitar 250 sepeda. Termasuk sepeda-sepeda time trial dan yang dipakai latihan di rumah oleh para pembalap ICA.

Selain, ICA, Factor Bikes tahun depan juga menyokong tim profesional perempuan, Parkhotel Valkenburg. (mainsepeda) 

 

 

 


COMMENTS