Indonesia Terjunkan 18 Pembalap di SEA Games 2019
by - November 25, 2019
Indonesia Terjunkan 18 Pembalap di SEA Games 2019
by MainSepeda - November 25, 2019

Aiman Cahyadi saat memenangkan etape kedua Tour de Banyuwangi Ijen 2019

Komposisi pembalap Indonesia yang akan diturunkan di SEA Games 2019 sudah ditentukan. Indonesia akan menurunkan 18 rider terbaiknya untuk memenuhi target medali emas di Manila, Filipina, Desember nanti.
 
SEA Games 2019 menyediakan 13 emas dari tiga disiplin lomba, yakni road race, BMX, dan MTB. Agar membawa pulang medali emas ke tanah air, tim nasional balap sepeda Indonesia mengirim wakil terbaik ke Filipina.
 
Indonesia diperkuat enam pembalap di disiplin road race putra. Mereka adalah Aiman Cahyadi, Odie Setiawan, Robin Manulang, Jamalidin Novardianto, dan Sendy Nur Hasan. Kelimanya adalah pembalap PGN Road Cycling Team.
 
Satu nama terakhir yang dipilih adalah Muhammad Abdurrohman. Pembalap asal Surabaya ini tergabung di KFC Cycling Team. Indonesia juga mengirim satu wakil di road race putri, yakni Ayustina Delia Priatna.
 
Di nomor MTB, ada empat atlet putra dan dua atlet putri yang akan mewakili Indonesia. Zaenal Fanani dan Rafika Farisi akan menjadi andalan Indonesia di nomor cross-country olympics (XCO).
 
Sedangkan Popo Ariyo Sejati, Andy Prayoga, Ayu Triya Andriana, dan Tiara Andini Prastika akan menjadi ujung tombak pada nomor downhill. Tiara Andini merupakan peraih medali emas di downhill putri Asian Games 2018 kemarin.
 
Indonesia menurunkan lima pembalap di disiplin BMX. Peraih medali perak Asian Games 2018, I Gusti Bagus Saputra menjadi leader di nomor ini. Selain Bagus, Indonesia akan diperkuat Rio Akbar, Toni Syarifudin, Iyan Sopian, dan Januar Susanto.

I Gusti Bagus Saputra (2001)

 
Kepada Mainsepeda.com, kepala pelatih tim nasional balap sepeda Indonesia, Dadang Haries Poernomo menjelaskan, mereka yang diturunkan di SEA Games 2019 adalah atlet-atlet terbaik di Indonesia saat ini.
 
Dalam beberapa kali kesempatan, PB ISSI mengatakan bahwa Indonesia berpeluang meraih minimal dua medali emas di SEA Games nanti. Medali emas itu diharapkan datang dari nomor BMX, downhill, dan cross-country.
 
“Atlet yang kami kirim adalah yang berpeluang mendapatkan medali. Mulai emas, perak, sampai perunggu. Saya tidak menargetkan perorangan. Akan tetapi, secara individu semuanya punya peluang,” kata pria asal Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim) itu.
 
Cabang olahraga balap sepeda di SEA Games 2019 akan dipertandingkan pada 1-10 Desember 2019. Kontingen balap sepeda Indonesia akan berangkat mulai 26 November. Tim cross-country menjadi kelompok pertama yang diterbangkan ke Filipina.
 
“Kemudian tim downhill, road race putri, road race putra, dan terakhir tim BMX,” ujar Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga PB ISSI, Budi Saputra.(mainsepeda)

 


COMMENTS