Tandem Convertible: Bisa Jadi Tandem, Bisa Jadi Single
by MainSepeda - November 20, 2019

Craig Calfee merupakan nama penting dalam sejarah industri sepeda. Pada 1980-an, dia adalah salah satu pionir pembuat sepeda full carbon. Dan setelah itu, dia tak pernah berhenti berinovasi. Karya uniknya yang populer adalah sepeda tandem custom.

Dan pada 2019 ini, merayakan 30 tahun Calfee Design, dia punya koleksi tandem makin lengkap. Selain punya road tandem, adventure tandem, off-road tandem, fat tire tandem, dan bamboo tandem, Calfee juga punya convertible tandem. Contohnya Tetra Convertible. Sebuah sepeda 2-in-1, sepeda yang bisa dibongkar pasang jadi tandem atau jadi single!

Craig Calfee ketika berbagi cerita dan pengalamannya di Surabaya, November 2016

Sepeda tandem karbon (atau bambu) buatan Calfee termasuk paling populer. Semua dibuat di bengkel uniknya di dekat Santa Cruz, tak jauh dari San Francisco, California. Semua juga custom, dibuat sesuai ukuran dan keinginan (dua) pemiliknya.

Road tandem adalah yang “normal,” untuk dipakai di jalanan dengan ban tipis 25-28 mm.

Adventure tandem adalah sepeda untuk touring dan traveling. Dilengkapi rak-rak tas, bisa dipasangi ban lebar 45 mm.

Off-road tandem pada dasarnya adalah MTB untuk berdua. Calfee menyediakan dua pilihan, hard tail atau full suspension!

Yang paling ekstrem, tentu saja, adalah Fat Bike Tandem. Dengan ban supergendut kalau ingin gowes berdua romantis di pasir pantai!

Mau unik dan artistik? Maka Bamboo Tandem adalah pilihannya.

Dan, yang terakhir dan paling fleksible, adalah convertible tandem. Sepeda ini menggunakan sejumlah S&S Coupler (aksesori pemisah frame) di beberapa bagian. Dengan demikian, dengan sedikit bongkar pasang, sepeda ini bisa untuk dua kebutuhan.

Ingin gowes berdua, silakan jadikan tandem. Ingin gowes sendirian? Lepasi saja batangan-batangannya, lalu rakit menjadi sepeda single. Sebuah konsep yang menarik!

Agar semakin komplet, Calfee Design juga membuat boks sepeda custom. Disesuaikan untuk ukuran dan kebutuhan sepeda tandem yang dibeli.

Bisa superpanjang tanpa banyak bongkar, bisa ukuran normal untuk tandem yang bisa dibongkar, bisa juga sangat compact untuk tandem yang bisa dibongkar menjadi banyak bagian. Pokoknya mau dibuat apa saja bisa! (mainsepeda)

 

Foto-Foto: Calfee Design


COMMENTS