Hiya, Colnago Ikut Perang Gravel Bike dengan G3X

Rupanya, sejarah tetap tidak ada artinya kalau tidak bisa ikut tren termutakhir. Colnago, salah satu brand sepeda paling legendaris, akhirnya ikutan tren gravel bike. Untuk 2020, merek asal Cambiago, Italia, itu merilis G3X, sepeda yang dirancang khusus untuk “gravel dan long-distance riding.”

Secara bentuk, G3X mengikuti aliran style sepeda Colnago road lain, yaitu V3 dan V3RS. Namun geometrinya sudah diutak-atik untuk kebutuhan khusus gravel. Misalnya, chainstay-nya lebih panjang, lalu posisi bottom bracket yang lebih rendah. Supaya lebih stabil melewati jalanan lebih kasar, serta lebih nyaman untuk ditunggangi jarak jauh.

Yang khas: Top tube dibuat lebih panjang, memaksa pengendara memakai stem lebih pendek. Tujuannya, supaya handling lebih tajam dan lincah, membantu pengendara melintasi jalanan yang menantang.

Sama seperti kebanyakan sepeda gravel, Colnago G3X bisa dipasangi ban lebar. Misalnya 40 mm. Juga bisa dipasangi roda ukuran 650b yang lebih kecil. Pada bagian bawah downtube ada bagian yang dilindungi dengan lapisan karet, sebagai pelindung menghadapi kerikil-kerikil jalanan gravel.

Bagi yang minat full bike, Colnago menyediakan sepeda G3X yang dilengkapi grupset khusus gravel dari Shimano: GRX 810.(mainsepeda)


COMMENTS