Haul-A-Day, Sepeda Angkut-Angkut sambil Olahraga
by Johnny Ray - November 07, 2019

Secara keseluruhan, ada beberapa jenis sepeda yang umum dipakai masyarakat. Antara lain sepeda mini, BMX, onthel, MTB, lipat, atau balap. Lalu ada beberapa jenis lain yang spesifik peruntukannya. Recumbent, tandem, cyclocross, track, serta freight/cargo bike.

Kali ini, menarik untuk diulas tentang sebuah sepeda yang lebih spesifik lagi. Yaitu sepeda cargo dengan ban 20 inci bernama Haul-A-Day. Buatan Bike Friday.

Bagi yang senang bersepeda lipat, nama Bike Friday tentu tidak asing. Bahkan, sekitar sepuluh tahun lalu, sepeda lipat “Tikit” begitu terkenal karena proses melipatnya cepat sekali. Baik membuka maupun melipat bisa dilakukan dalam hitungan hanya lima detik.

Nah, brand yang sama ini juga mempunyai model unik lain. Yaitu Haul-A-Day ini. Namanya sudah cukup menjelaskan. “Haul-A-Day” bisa diartikan secara harfiah “Mengangkut Seharian.” Sejauh ini, Haul-A-Day adalah satu-satunya sepeda ekor panjang yang made in USA.

Detail sepeda ini seunik tampilannya. Pada sepeda yang relatif mungil ini, banyak fitur yang disematkan di dalamnya. Ban 20 inci membuat sepeda ini memiliki center of gravity yang rendah, berguna menjaga keseimbangan sekaligus membuatnya bisa bermanuver dengan baik.

Walau mungil, sepeda ini didesain untuk orang tinggi 137 cm hingga 200 cm alias dua meter. Frame-nya bisa disetel panjang-pendeknya, dari 182 cm ke 193 cm. Walau panjang, sepeda ini tetap bisa diajak traveling. Karena sepeda ini bisa “dimutilasi” alias dilepas-lepas rangkanya menjadi dua atau tiga bagian.

Muatan kargo yang terletak di belakang dapat menahan muatan hingga 90 kg. Kalau dirasa kurang, Bike Friday punya opsi upgrade, sehingga bisa mengangkut hingga 113 kg. Berat sepeda ini sendiri 13 kg. Wajar mengingat konstruksinya yang kuat. Oh ya, dengan kemampuan angkut itu, sepeda ini bisa digunakan untuk membonceng anak-anak.

Pilihan model boncengannya ada beberapa macam. Ada “pagar besi” supaya anak kecil tidak gampang jatuh. Ada tas besar khusus di kanan dan kiri. Bahkan ada “footstep” seperti pada mobil SUV.

Bagi yang senang utak-atik komponen, sepeda ini bisa menggunakan grupset umum yang tersedia di pasaran. Pada sepeda di artikel ini, komponen yang dipakai adalah “gado-gado.” Triple crank dipadu dengan 9-speed di belakang.

Satu lagi fitur yang belakangan bisa diimplementasikan adalah opsi electric pedal assist. Mungkin sangat penting bila memang ditujukan untuk selalu mengangkut barang berat (sepeda kerja).

Ya, sepeda ini tetap bukan tandingan pickup atau Colt Diesel. Tapi bisa membantu masyarakat yang ingin go green dan membawa barang lebih banyak dari biasanya, sekaligus berolahraga.(johnny ray)


COMMENTS