Julie Ann Pedalino: Inikah Pembuat Sepeda Paling Kreatif di Dunia?
by - November 06, 2019

Ada pembuat sepeda handmade sedang naik daun. Asal Amerika Serikat. Tepatnya asal Lenexa, sebuah kota di negara bagian Kansas, tak jauh dari Kansas City. Dia seorang perempuan, bernama Julie Ann Pedalino.

Awal November ini, tepatnya tanggal 2-3 lalu, dia mendapatkan penghargaan bergengsi. Karyanya terpilih sebagai Best in Show di Philly Bike Expo 2019.

Julie Ann Pedalino adalah pendiri sekaligus pembuat sepeda di Pedalino Bicycles. Dia mendirikan merek itu sekitar lima tahun lalu, dan terus tampil dan meraih perhatian (serta penghargaan) di ajang-ajang pameran sepeda handmade.

Sepeda-sepeda Pedalino kini sudah punya penggemar khusus. Sudah menancapkan ciri khas sendiri. Yaitu mengkombinasikan art (seni) dengan teknik pembuatan yang rumit. Slogannya sederhana: Semua bisa di-custom! Tidak ada batasannya.

Julie Ann Pedalino punya latar belakang seni (fine arts). Dipadu dengan kemampuan desain dan fabrikasi kuat. Gara-gara jatuh cinta dengan olahraga sepeda, dia pun menggabungkan keduanya, merintis Pedalino Bicycles.

“Saya mengawali karir membuat frame karena saya cinta bersepeda. Semakin sering saya naik sepeda, semakin cepat saya jadinya, dan semakin sadar saya pada kekuatan diri sendiri. Siapa sangka saya punya kemampuan atlet tersembunyi selama ini? Kemudian saya ingin menyatukan cycling pada karya seni saya,” tuturnya seperti dilansir Bikerumor, saat mengikuti North American Handmade Bicycle Show pada 2015.

Kesempatan untuk belajar lantas hadir dari sebuah toko sepeda bernama Velo+. Mereka mencari perempuan yang bisa dididik menjadi mekanik sepeda. Kebetulan, pemilik toko itu juga pembuat sepeda. Lengkaplah ilmu yang didapatkan Julie Ann Pedalino.

Sejak saat itu, Pedalino terus belajar. Dia memperkuat kemampuan dalam hal 3D modeling, parametric CAD design, CAM programming, dan CNC machining. Dia terus mencari cara untuk membuat komponen-komponen atau bagian-bagian yang artistik dan rumit.

Pedalino ingin semua impian konsumen terwujud. Mau bentuk-bentuk aneh dan sulit? Pokoknya bisa. “Tidak ada ide yang terlalu gila.” Begitu tulisnya di situs resmi Pedalino Bicycles.

Pedalino tidak terpaku pada satu jenis sepeda. Mau MTB, mau road, semua bisa. Belakangan, tren gravel bike ikut di-eksplore. Salah satu hasilnya adalah yang meraih kemenangan di Philly Bike Expo 2019 awal November 2019 ini.

Sepeda itu merupakan hasil kombinasi dari steel dan titanium. Lihat betapa rumitnya detailnya. Bagaimana batangan-batangan titanium disatukan dengan lug (sok) steel yang berbentuk begitu rumit dan artistik. Kemudian ada detail-detail menempel. Sepeda ini seperti sebuah puzzle rumit yang menyatu begitu indah.

Untuk menambah kerumitan (dan keindahan), bagian-bagian tertentu di-anodized sehingga berwarna indah. Tidak ketinggalan, sproket SRAM ikut di-anodized.

Salah satu bagian paling menakjubkan adalah dropout (bagian tempat rear derailleur menempel di belakang). Menyatu indah dengan derailleur hanger berbentuk heart (hati)! Semua itu dibuat dengan bantuan 3D modeling dan CNC machining.

Ingin melihat karya-karya lebih nyentrik? Buka saja situs resmi atau akun media sosial Pedalino Bicycles. Benar-benar karya-karya indah untuk para penikmat sepeda, juga penikmat seni! (mainsepeda)

 


COMMENTS