Gandeng Tour de France, Arab Saudi Gelar Balapan

Tour of Oman

Satu event balap sepeda baru akan diselenggarakan di Arab Saudi tahun depan. Balapan kategori 2.1 diadakan pada 4-8 Februari 2020. Pemerintah Arab Saudi menunjuk Amaury Sport Organisation (ASO) sebagai penyelenggara lomba.

ASO adalah penyelenggara sejumlah balapan beken di dunia. Seperti Tour de France dan Vuelta a Espana. Tahun depan, perusahaan yang berbasis di Paris, Prancis tersebut mendapat pekerjaan baru sebagai penyelenggara Saudi Tour.

”Kami terlibat dalam kemunculan adegan balapan baru di Timur Tengah, yang sesuai dengan tuntutan para rider akan adanya event pada awal tahun,” kata CEO ASO Yann Le Moenner seperti yang dilansir Cycling Weekly.

Pada edisi pertama Saudi Tour ini, balapan akan dipusatkan di Ibu Kota Arab Saudi, Riyadh. Para pembalap akan disuguhi sirkuit perkotaan dengan pemandangan gurun dan ngarai. Balapan ini diklaim sangat cocok untuk sprinter dan puncher.

Hanya saja, ASO belum merilis rute mana saja yang akan dilewati, serta siapa saja peserta balapan ini. Le Moenner menegaskan bahwa Saudi Tour bukan balapan yang sekali muncul lalu hilang. Ia ingin balapan ini awet dan masuk dalam kalender UCI.

Presiden Federasi Bersepeda Arab Saudi, Sabah Al-Kraidees mengatakan, menjadi sebuah kehormatan bagi negaranya untuk menyelenggarakan balapan kelas dunia. Tur ini adalah bagian dari promosi wisata Arab Saudi ke mata dunia.

”Tur ini adalah kesempatan besar untuk mempublikasikan berbagai wilayah, dan situs bersejarah di negara ini. Serta memungkinkan wisatawan untuk menemukan keramahan kami,” bilangnya.

Saudi Tour menjadi edisi terbaru dalam kalender balap di Timur Tengah. Sebelumnya terdapat Tour of Oman, balapan kategori 2.HC yang diselenggarakan oleh ASO. Selain itu ada UEA Tour, perlombaan WorldTour yang dijalankan oleh penyelenggara Giro d'Italia, RCS.(mainsepeda)

Foto: Capovelo


COMMENTS