Juara Dunia Lima Kali Comeback di Banyuwangi International BMX 2019

Mantan juara dunia asal Australia, Caroline Buchanan, dipastikan ambil bagian dalam Banyuwangi International BMX 2019. Event ini akan dilaksanakan di Sirkuit BMX Muncar, 26-27 Oktober.

Carol, sapaan akrabnyi, bukan nama sembarangan dalam dunia BMX maupun MTB. Menjadi pembalap profesional sejak 2005, dia adalah pemegang tiga gelar juara dunia BMX pada 2012, 2013, dan 2016.

Selain itu, Carol juga memiliki lima titel juara dunia MTB. Yaitu edisi 2009, 2010, 2013, 2016, dan 2017. Rider 29 tahun kelahiran Canberra itu juga memperkuat Australia di Olimpiade 2012 dan 2016 kemarin.

“Carol akan turun bertanding di kategori elite women,” sebut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banyuwangi Wawan Yadmadi (23/10).

Nama Carol sempat meredup setelah mengalami kecelakaan mobil di Cooma, New South Wales, Australia, 30 Desember 2017 silam. Menurut laporan BBC, kecelakaan itu membuat tulang hidung, dan tulang dadanyi patah. Paru-parunyi pun bermasalah.

Carol harus beristirahat penuh selama 19 bulan. Ia rutin menjalani pengobatan untuk mengembalikan kondisinyi ke titik terbaik. Kesabaran, serta ketekunannyi dalam menjalani terapi berbuah manis. Carol diizinkan membalap lagi.

Carol bangkit dengan sebuah mimpi: meraih emas di Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang. Dia masih penasaran setelah gagal merebut medali emas pada dua Olimpiade sebelumnya, di London 2012 (peringkat kelima), dan Rio 2016 (semifinal).

”Bagian tersulit adalah membangun diri saya ke kondisi terbaik. Akan tetapi, pernah berlaga di dua Olimpiade sebelumnya mengingatkan saya bahwa saya bisa melakukan hal itu lagi,” kata Carol kepada harian Canberra Times, 21 September lalu.

Menurut Canberra Times, Banyuwangi International BMX 2019 adalah turnamen pertama yang akan diikuti Carol selepas sembuh dari cedera. Setelah itu dia juga akan berlaga di berbagai kejuaraan BMX lainnya di Jepang, Swiss, dan Australia.

Poin demi poin harus dikumpulkan demi mendapatkan tiket ke Olimpiade 2020. ”Fokus saya bersama tim adalah memastikan tujuan kami tercapai. Kami harus memastikan bahwa kami tidak melewatkan satu langkah pun,” bilang Carol.

Jika ingin menjadi juara di Banyuwangi, maka Carol harus mengalahkan para pesaingnyi. Termasuk dua pembalap kualitas dunia, yakni Sarah Walker asal Selandia Baru, dan Amanda Carr (Thaland). Keduanyi dipastikan ambil bagian di Sirkuit Muncar.

Walker merupakan penyandang tiga gelar juara dunia BMX. Selain itu, rider berusia 31 tahun tersebut pernah meraih medali medali perak di Olimpiade 2012. Sedaghkan Carr adalah perebut medali emas di Asian Games 2014.

”Bisa dibayangkan bagaimana serunya saat para jawara dunia ini bertemu dalam satu arena,” tutur Wawan Yadmadi.(mainsepeda)

Sepeda BMX berkualitas dengan harga ramah di kantong bisa didapat di sini.

Foto: Instagram Caroline Buchanan


COMMENTS