Kini Ada versi Triathlon, Rotor 1x13 Benar-Benar Satu untuk Semua
by - October 19, 2019

Persaingan di arena grupset terus meningkat. Produsen asal Spanyol, Rotor, terus mencoba “bertarung di lahan sendiri” lewat produk Rotor 1x13-nya. Yaitu grupset 13-speed dengan satu chainring di depan, yang dirancang begitu fleksibel sehingga bisa dipakai untuk segala disiplin bersepeda. Mulai MTB sampai road, termasuk segala kategori di tengah-tengah atau sekitarnya!

Bulan ini, grupset itu semakin komplet kegunaannya. Rotor meluncurkan 1x13 versi triathlon, yang menjalani debut kompetisi di kejuaraan dunia Ironman di Kona, Hawaii, 12 Oktober lalu.

Rotor juga menampilkannya di Taichung Bike Week 2019, sebuah pameran industri sepeda yang berlangsung di Taiwan, 16-18 Oktober ini. Mainsepeda.com mendapatkan kesempatan melihat langsung komponen baru ini di Taichung.

Rotor 1x13 merupakan hasil evolusi dari Rotor Uno, grupset hydraulic 12-speed yang sudah beredar sejak 2016. Di saat brand lain seperti Campagnolo dan SRAM ikut berpindah ke jalur 12-speed, Rotor lantas bergeser lagi dengan 13-speed. Namun eksklusif hanya sistem 1x (baca: wan bai) alias hanya satu chainring di depan.

Rotor merancang sistem 1x13 ini dengan sistem modular. Artinya, bisa dikombinasikan bagian-bagiannya, sesuai kebutuhan pemakaian. Bisa buat MTB, bisa buat gravel atau cyclocross, bisa buat road. Dan sekarang untuk triathlon.

Komponen terpenting di grupset ini adalah rear derailleur-nya (RD). Sistem perpindahan atau “jantung” ada di komponen ini. Memang tampak besar dan kokoh, karena memang dibungkus armoured box untuk melindungi segala bagian di dalamnya.

Setelah RD, lain-lainnya bisa dibeli seusai kebutuhan. Mulai shifter, crankset dan aneka ukuran chainring (plus opsi power meter), lalu berbagai ukuran cassette atau sproket 13-speed. Pilihan sproket memang banyak, ada 10-36, 10-39, 10-46, bahkan 10-52.

Untuk saat ini, bagi yang berminat, memang ada satu komponen kunci yang harus dibeli. Yaitu hub 13-speed. Itu berarti harus punya wheelset khusus. Ini bisa dilakukan secara custom. Yaitu membeli hub merek Rotor, lalu memadukannya dengan berbagai pilihan rim.

Kalau belum ingin investasi sejauh itu, bisa membeli grupset yang 1x13 ready. Maksudnya, segala komponen sama, tapi disetel untuk 12-speed dulu. Kebetulan, sproket 12-speed dari Rotor masih kompatibel dengan hub Shimano 11-speed. Kelak, kalau ingin menambah opsi gir, bisa beli sproket dan hub Rotor 13-speed.(mainsepeda)


COMMENTS