Primoz Roglic Ranking Satu Dunia 2019

Tahun 2019 menjadi milik Primoz Roglic. Sebab, rider Jumbo-Visma ini berhasil menduduki peringkat satu dunia dalam daftar ranking terbaru yang dirilis UCI. Ia mengumpulkan 4320,28 poin. Mengungguli dua pesaing terdekatnya, Julian Alaphilippe (Deceuninck–Quick-Step), dan Jakob Fuglsang (Astana). 

Roglic memulai musim 2019 dengan manis. Ia menjuarai UAE Tour yang digelar akhir Februari hingga awal Maret. Kemudian ia menyabet dua kemenangan di Tirreno-Adriatico, dan Tour de Romandie. Kesuksesan pembalap 29 tahun itu berlanjut dengan menduduki peringkat ketiga di Giro d'Italia 2019. 

Pembalap asal Slovenia itu juga meraih kemenangan Grand Tour perdananya di La Vuelta ciclista a Espana. Ini adalah pencapaian terbesar dalam kariernya. Roglic menutup musim 2019 dengan gemilang. Ia menjuarai dua balapan di Italia, yakni Giro dell'Emilia, dan Tre Valli Varesine.

“Ini adalah musim terbaik dalam karier saya,” ucap Roglic seperti yang dilansir CyclingWeekly, Minggu (13/10) malam.

“Ketika saya dalam kondisi bugar, dan dengan kecepatan tinggi, saya sulit untuk dikalahkan. Fakta bahwa saya adalah pembalap dengan kemenangan UCI terbanyak musim ini adalah baik. Bahkan jika itu hanya statistik,” imbuh Roglic. 

Roglic memang sedikit kecewa karena gagal menjuarai Il Lombardia. Padahal ia sangat berambisi menang. Roglic hanya finis ketujuh dalam balapan Monumen pamungkas 2019 itu. Meskipun gagal, namun Roglic berjiwa besar. Ia mengaku bahwa Bauke Mollema (Trek-Segafredo) layak memang memenangi Il Lombardia 2019. 

“Terlepas dari itu saya sangat senang dengan kenyataan bahwa saya bisa menyelesaikan musim sebagai nomor satu di dunia,” tuturnya. 

Musim depan akan menjadi tantangan baru untuknya. Bersama Steven Kruijswijk, Roglic masih akan menjadi andalan Jumbo-Visma. Selain itu, Roglic juga mendapatkan tandem baru, yakni Tom Dumoulin. Dumoulin gabung Jumbo-Visma dari Sunweb.

UCI World Rankings (13/10)

1. Primoz Roglic (Slovenia) Jumbo-Visma, 4635.3 poin

2. Julian Alaphilippe (Perancis) Deceuninck– Quick-Step, 3595 poin

3. Jakob Fuglsang (Denmark) Astana, 3472.5 poin

4. Egan Bernal (Kolombia) Ineos, 3346.8 poin

5. Alejandro Valverde (Spanyol) Movistar, 3297 poin

6. Greg Van Avermaet (Belgia) CCC, 2947.3 poin

7. Pascal Ackermann (Jerman) Bora-Hansgrohe, 2489 poin

8. Alexander Kristoff (Norwegia) UAE Team Emirates, 2484.5 poin

9. Elia Viviani (Italia) Deceuninck–Quick-Step, 2342.1 poin

10. Diego Ulissi (Italia) UAE Team Emirates, 2271 poin 

Foto: Getty Image, Instagram @primozroglic


COMMENTS