Juara Tour of Britain, Mathieu van der Poel Jadi Unggulan Juara Dunia

Di saat Vuelta a Espana menjadi balapan paling disoroti, hasil spektakuler kembali diraih oleh superstar asal Belanda, Mathieu van der Poel. Pembalap 24 tahun itu secara mengejutkan, dan spektakuler, menjadi juara Tour of Britain 2019.

Van der Poel, yang di awal tahun ini menjadi perbincangan karena jadi juara lomba classic Amstel Gold Race, memang kembali balapan di jalanan. Bersama tim Corendon-Circus, dia turun di Tour of Britain sebenarnya untuk “pemanasan.” Bersiap menghadapi UCI Road World Championship 2019, yang juga berlangsung di Inggris (Yorkshire), akhir September ini.

Ternyata, Van der Poel bukan hanya “panas.” Dia bisa dibilang menguasai lomba level UCI 2.HC tersebut (satu level di bawah WorldTour). Van der Poel memenangi tiga etape, plus menunjukkan skill mengejutkan di etape individual time trial (ITT)!

Pembalap yang satu ini benar-benar serbabisa! Dia bisa menang sprint, dia bisa menang di etape rolling, dia juara cyclocross, dia juara MTB, dan ternyata juga jagoan TT!

Bahkan Van der Poel sendiri tidak menyangka bisa tampil baik di etape TT. Bahkan, dia mengambil alih pimpinan Tour of Britain gara-gara finis keenam di Etape 6, sebuah etape TT sejauh 14,4 km. “Tentu saya senang (dengan hasil TT). Sudah begitu lama sejak saya ikut ajang TT,” ujarnya.

Setelah etape TT itu, Van der Poel lantas mengunci gelar juara overall dengan memenangi Etape 7 dan 8. Yang terakhir lewat adu sprint ketat, menang tipis lewat photo finish.

Gara-gara performa spektakuler ini, Van der Poel pun disebut-sebut sebagai kandidat kuat juara dunia 2019. Karakter rute World Championship di Yorkshire adalah rolling dan power, cocok untuk dirinya.

Setelah Tour of Britain, Van der Poel pun seperti punya rasa percaya diri. Indikator utama, menurutnya, ya etape TT itu. “Menjelang kejuaraan dunia, etape TT di rute yang berat adalah indikator yang baik. Kaki saya terasa begitu baik,” ungkapnya.

Lomba kategori Men Elite Road Race di kejuaraan dunia dijadwalkan berlangsung pada Minggu, 29 September nanti. Rutenya cukup panjang, 284,5 km. Start dari Leeds, para peserta akan mengelilingi sirkuit di Harrogate sebanyak tujuh kali.

Kita tunggu saja, seperti apa kiprah Van der Poel nanti. Kandidat juara lain: Julian Alaphilippe dari Prancis. Juga Michael Matthews (Australia) dan Peter Sagan (Slovakia). (mainsepeda)

 


COMMENTS