Berlangsung 4-7 September, Eurobike 2019 menampilkan produk-produk termutakhir dari produsen di berbagai penjuru dunia. Melanjutkan tren dalam beberapa tahun terakhir, kategori gravel bike terus menunjukkan perkembangan. Ada begitu banyak merek kondang memperkenalkan barang baru di bidang ini, khususnya dalam hal komponen dan aksesori.

PERANG BAN GRAVEL

Kategori gravel resmi jadi pasar besar ketika produsen-produsen ban terbesar mulai ikut terjun ke dalamnya. Di Eurobike 2019, dua merek global memperkenalkan ban terbarunya untuk jalan makadam itu.

Continental asal Jerman, yang selama ini jadi acuan di jalanan, resmi punya ban gravel. Baik untuk ban ukuran 650b maupun 700c. Untuk jalanan lebih kasar, mereka punya Terra Trail. Untuk kebutuhan melaju lebih cepat, ada Terra Speed. Tersedia lebar 35 dan 40 mm.

Sementara Pirelli juga serius terjun. Mereka juga punya dua jenis tread (kembang): Hard Terrain dan Mixed Terrain. Untuk Cinturato Gravel, ada lebar 45-50 mm untuk ukuran 650b, atau 35-45 mm untuk ukuran 700c.

Pirelli Hard Terrain.

Pirelli Mixed Terrain.

MET: HELM KHUSUS GRAVEL

Ya, sekarang ada kategori helm khusus untuk gravel atau allroad. Pada dasarnya tengah-tengah antara helm MTB dan road. Sebelum ini, POC sudah memperkenalkan tipe Omne Air, lalu Kask merilis Mojito versi gravel. Di Eurobike 2019, giliran merek Italia lain, MET, memperkenalkan helm bernama “Allroad.”

Helm ini, seperti sudah disinggung, menggabungkan tampilan elegan road dengan bagian-bagian fungsional untuk off-road. Kalau dipakai untuk gravel, tinggal pasang visor. Kalau mau dipakai di road, tinggal lepas visor.

Untuk fitur keselamatan, helm ini memiliki integrated LED, alias lampu merah di belakang. Dibantu dengan dua stiker reflektif di bagian samping.

ZIPP RILIS HANDLEBAR ALL-ROAD

Merek Zipp dari Amerika identik dengan kecepatan dan aerodinamika. Mereka adalah pionir wheelset aero, dan masih menjadi salah satu pemimpin di kategori tersebut.

Zipp Service Course 70 XPLR.

Namun, mereka juga ingin semakin berperan di arena gravel, yang memang booming dari Amerika. Di Eurobike 2019, Zipp merilis dua handlebar khusus untuk kategori itu. Yaitu Service Course SL 70 XPLR dan Service Course 70 XPLR. Keduanya sama-sama terbuat dari alloy (aluminium), namun yang versi “SL” dibuat dari bahan lebih ringan.

Zipp Service Course SL70 XPLR.

Dari segi bentuk sebenarnya sama, melebar di bagian drop agar pegangan lebih stabil di jalanan kasar. Yang baru: Bagian hood-nya dibuat sedemikian rupa, sehingga posisi shifter tetap tegak lurus saat dipasangkan (tidak miring ke dalam seperti kebanyakan handlebar gravel sekaraang).

SHIMANO MAKIN ALL-OUT DI GRAVEL

“Pemain” komponen sepeda terbesar di dunia, Shimano, menunjukkan komitmennya untuk terjun dan membesarkan kategori gravel. Baru-baru ini, mereka merilis grupset khusus bernama GRX. Sekarang, mereka merilis rangkaian komponen dan aksesori untuk melengkapi barisan produk.

 

Untuk berbagai komponen, mereka memakai merek PRO, dengan deretan produk di bawah sub-merek Discover (PRO Discover). Di Eurobike, mereka merilis handlebar, dropper seatpost, stem, sadel Stealth Off-Road, dan berbagai jenis tas sepeda untuk memenuhi kebutuhan balapan gravel. (mainsepeda/bersambung)

 

 


COMMENTS