Nino Schurter Juara Dunia MTB untuk Kali Kedelapan

Superstar asal Swiss, Nino Schurter, terus mencatat rekor di arena mountain bike (MTB). Sabtu malam lalu (31 Agustus), di Mont-Ste-Anne, Kanada, dia meraih gelar juara dunia Men Elite Cross Country untuk kali kedelapan. Pencapaian terbanyak dalam sejarah.

Dalam lomba yang berlangsung selama tujuh putaran itu, Schurter menang dengan mencatat waktu 1 jam, 27 menit, dan 5 detik. Unggul 30 detik atas rekan senegara, Mathias Fluckiger.

Kemenangan ini menghapus kekecewaan 2010, saat Schurter mengalami nasib apes di kejuaraan dunia di tempat yang sama. Waktu itu dia dua kali mengalami pecah ban, hanya mampu finis di urutan empat.

Menjelang even tahun ini, Schurter benar-benar ingin menghafalkan seluruh jengkal lintasan. Memastikan melewati jalur-jalur paling cepat tapi juga paling minim risiko mengakibatkan masalah teknis.

“Saya meluangkan lebih banyak waktu untuk menjajal berbagai jalur lomba, untuk menemukan jalur paling aman di turunan. Saya juga memompa ban lebih keras dari normal untuk mengurangi risiko kempis. Saya pikir upaya itu membuahkan hasil. Saya satu-satunya di urutan empat besar yang tidak mengalami masalah,” tuturnya.

Sementara itu, di kategori Women Elite, Pauline Ferrand-Prevot dari Prancis berhasil meraih juara. Sebuah hasil yang membahagiakan, mengingat dalam dua tahun terakhir dia berkutat dengan masalah kesehatan.

Bagi Ferrand-Prevot, ini merupakan sukses yang lama ditunggu. Sejak 2015, saat dia menjadi perempuan paling dahsyat di dunia, menyapu gelar juara dunia MTB, road, maupun cyclocross.

Dalam lomba itu dia benar-benar habis-habisan. Melaju ke depan walau sempat berada di urutan 15. “Saya tidak ingin melepaskan peluang ini. Saya memberikan segalanya dari start sampai finis. Saya benar-benar ingin menang hari ini. Dan saya senang bisa melakukannya,” ucapnya. (mainsepeda)

Hasil Cross Country MTB World Championship (Top Five)

MEN ELITE

1. Nino Schurter (Swiss), 1 jam 27 menit 5 detik

2. Mathias Flueckiger (Swiss), + 30 detik

3. Stephane Tempier (Prancis), + 38 detik

4. Titouan Carod (Prancis), + 56 detik

5. Gerhard Kerschbaumer (Italia), + 1:02

WOMEN ELITE

1. Pauline Ferrand-Prevot (Prancis), 1 jam 28 menit 51 detik

2. Jolanda Neff (Swiss), + 43 detik

3. Rebecca Mcconnell (Australia), + 1:17

4. Anne Terpstra (Belanda), + 2:26

5. Kate Courtney (Amerika Serikat), + 2:42

Foto: Andy Vathis


COMMENTS