Wakasad Menikmati Gowes Kemerdekaan Tasikmalaya-Pangandaran 100 Km

Tak hanya masyarakat umum yang merayakan kemerdekaan Republik Indonesia dengan berbagai kegiatan. PT. Pindad, salah satu BUMN Indonesia juga memaknai HUT ke-74 Kemerdekaan Indonesia ini dengan menggelar acara gowes bertajuk Gowes Kemerdekaan Pindad – TNI- Polri.

“Ini merupakan gelaran ketiga yang kami selenggarakan. Dengan semangat juang para pejuang kemerdekaan, kami gowes dari Tasikmalaya ke Pantai Pangandaran,” tutur direktur PT. Pindad, Abraham Mose dalam sambutannya.

Acara gowes yang punya tagline Sinergi Untuk NKRI ini merupakan bentuk menyatunya TNI, Polri, dan masyarakat sehingga harmonisasi yang selama ini sudah terjalin bisa lebih erat lagi.

Hal senada juga diungkapkan oleh Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad), Letnan Jenderal TNI Tatang Sulaiman. Menurutnya, gowes itu fun dan menyehatkan. “Dapat merekatkan hubungan antar kolega sekaligus bisa mempromosikan daerah-daerah yang dilalui. Kali ini kita bisa mengenalkan tempat wisata Pantai Pangandaran yang sedang ditata oleh pemerintah kotanya dan digenjot jadi salah satu tujuan wisata kelas dunia. Juga mengenalkan kota Tasikmalaya,” bilang Jenderal bintang tiga ini.

Letnan Jenderal TNI Tatang Sulaiman, Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat.

Start mengambil tempat di Makodim 0612/Tasikmalaya di Jalan Otto Iskandar Dinata hari Minggu, 25 Agustus. Pemberangkatan start dibagi dua, jam 05.30 rombongan pertama diawali oleh pesepeda ontel dari berbagai suku dan etnis lengkap dengan pakaian khas daerah masing-masing. Kemudian disusul jam 05.40 pesepeda anggota TNI dari Papua dan dilanjutkan oleh sekitar 650 pesepeda peserta Gowes Kemerdekaan yang dipimpin langsung oleh Wakasad.

Wakasad ditemani oleh Siliwangi Cycling Club, yaitu tim gowes dari jajaran Kodam III/Siliwangi yang dipimpin langsung oleh Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Tri Suwandono. Juga Pindad Cycling Community yang dipimpin langsung oleh Abraham Mose. Selain dua komunitas gowes itu, ada peserta lain dari Bank BNI46, TNI, Polri, pemerintah kota, kabupaten, klub dari Mabes AD, Puster, Polda Jabar, Kodiklat Pussenif, NDHI dan komunitas undangan.

Gowes menempuh jarak 106 km ini menyusuri rute utama jalan raya Tasikmalaya-Pangandaran melintasi empat kota kabupaten di Priangan Timur. Rute ini tidak sepenuhnya jalan datar. Ada juga beberapa tanjakan dan turunan. Perjalanan dibagi dalam dua kali pitstop.

Pitstop pertama berhenti di kantor BPPKAD Kota Banjar setelah menempuh jarak 40an km dari Makodam. Lantas pitstop kedua berada di sekolah SMP Negeri 1 Kalipucang setelah gowes sejauh 86 km dari kota Tasikmalaya.

Selepas pitstop dua, seluruh goweser harus bisa menaklukkan tanjakan sejauh 4 km dengan gradien rata-rata 4-5 persen. “Saya bersyukur bisa menyelesaikan tanjakan ini meskipun kaki sudah hampir kram,” bilang Tatang senang.

Letnan Jenderal TNI Tatang Sulaiman.

Seharusnya acara ini dijadwalkan finis jam 11.00 di rumah makan Karya Bahari 3 di pinggir Pantai timur Pangandaran. Tapi realisasinya, gowes ini berakhir lebih awal. Sekitar pukul 10.15 rombongan Wakasad sudah memasuki Pantai timur Pangandaran.

“Banyak faktor yang mendukung kelancaran gowes ini. Mulai dari kondisi jalan yang mulus, keamanan lalu lintas, dan semangat peserta tinggi. Kesimpulannya, semua peserta Gowes Kemerdekaan ini sangat menikmati rutenya,” tutur Tatang Sulaiman.

Tiba di pantai selatan Jawa ini, rombongan disambut oleh Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, Dandim 0613 Ciamis, Letkol Arm Tri Arto Subagio, dan pejabat setempat lainnya.

Letjen TNI Tatang Sulaiman bersama Abraham Mose, Direktur Utama PT. Pindad.

“Rutenya sangat lengkap. Ada tanjakan, ada turunan, dan ada flat. Cuaca juga sangat mendukung tidak panas. Bahkan ada sedikit hujan di akhir even. Even yang sempurna untuk menjalin komunikasi dengan kolega TNI, Polri, PT. LEN, PT. Dahana, PT. KAI, BRI, BNI46, BJB, dan Askrindo,” bilang Abraham Mose, Direktur Utama PT. Pindad.

Acara ditutup dengan makan siang bersama dan ramah tamah lalu seluruh peserta kembali ke kota masing-masing dengan bis dan kereta api. (mainsepeda)

 

           

 


COMMENTS