Caleb Ewan Menang di Champs-Elysees, Egan Bernal Yellow Jersey Termuda

Egan Bernal boleh berpesta bersama Team Ineos di Etape 21 sekaligus penutup Tour de France 2019, Minggu (28 Juli). Namun, lomba paling bergengsi ini masih harus diakhiri dengan tradisi adu sprint, di jalanan Champs-Elysees di Paris.

Dan hasilnya sangat populer. Sprinter Australia, Caleb Ewan (Lotto-Soudal), berhasil meraih kemenangan ketat. Saat menuju garis finis, Ewan harus mengejar dari belakang lalu tancap gas maksimal dari sisi luar kanan. Dia menang sangat tipis atas Dylan Groenewegen (Jumbo-Visma), yang melejit dari sisi luar kiri.

Bagi Ewan, ini adalah kemenangan ketiganya di Tour de France 2019. Sesuatu yang menakjubkan, mengingat ini kali pertama pembalap berdarah Korea itu tampil di lomba ini.

“Ketika memasuki Champs-Elysees, saya hampir menitikkan air mata. Rasanya sulit dipercaya saya baru saja memenangi etape ini,” katanya usai lomba.

Sebagai sprinter, menang di Tour de France adalah pencapaian hebat. Tapi menang di jalanan Champs-Elysees adalah pencapaian maksimal. Tidak ada jalanan lebih bergengsi untuk menang sprint daripada jalan paling kondang di Prancis itu, di etape penutup Tour de France!

Tidak lama setelah para sprinter melintasi garis finis, Egan Bernal melewatinya sambil bergandengan tangan dengan rekan setimnya, juara overall tahun lalu, Geraint Thomas. Ini parade kekompakan luar biasa, apalagi keduanya sukses finis 1-2.

Di awal etape 128 km ini, saat baru berangkat dari Rambouillet menuju Paris, Team Ineos (dulu Team Sky) melanjutkan tradisi lama. Para pembalapnya yang tersisa (tujuh dari delapan) masing-masing mendapatkan segelas champagne. Lalu berfoto berbaris rapi.

Bernal mengenakan yellow jersey-nya dengan bangga, dibarengi segala aksesori kuning. Bahkan sepeda Pinarello Dogma F12-nya pun kuning. Sementara rekan-rekannya mengenakan ban kuning pada lengan jersey Team Ineos.

Bagi Bernal, ini merupakan sejarah. Dia adalah pembalap Kolombia pertama yang menang di Tour de France, sekaligus pembalap termuda yang menang di era modern (pemenang yellow jersey termuda). Pembalap juara yang lebih muda darinya meraih gelar overall saat belum ada hadiah yellow jersey (awal 1900-an). Tahun ini adalah perayaan 100 tahun yellow jersey Tour de France.

Peter Sagan juga dengan bangga mengenakan green jersey, kemenangan ketujuhnya di point classification. Ini rekor terbanyak dalam sejarah Tour de France.

Gelar mountain classification dan jersey polkadot diraih pembalap tuan rumah, Romain Bardet (AG2R La Mondiale). Sementara Julian Alaphilippe (Deceuninck-QuickStep) dihadiahi status Most Combative (paling ngotot). Movistar sukses memenangi Team Classification.

Awal etape ini, seperti biasa, juga berjalan santai. Lomba baru benar-benar dimulai saat peloton masuk di Kota Paris, dan mengelilingi sirkuit di Champs-Elysees dan sekitar sebanyak delapan kali.

Dan pada putaran terakhir, barulah tim-tim sprinter maju ke depan. Edvald Boasson Hagen (Dimension Data) sempat mencoba mencuri sprint 500 meter sebelum finis. Ini menghasilkan adu peluru yang cukup berantakan. Tak heran Ewan dan Groenewegen harus melebar ke kanan dan ke kiri untuk mengejar menang. (mainsepeda)

Hasil Etape 21 Tour de France 2019 (Top Ten)

1. Caleb Ewan (Australia) Lotto Soudal 3:04:08

2. Dylan Groenewegen (Belanda) Team Jumbo-Visma

3. Niccolò Bonifazio (Italia) Total Direct Energie

4. Maximiliano Richeze (Argentina) Deceuninck-QuickStep

5. Edvald Boasson Hagen (Norwegia) Dimension Data

6. André Greipel (Jerman) Arkéa Samsic

7. Matteo Trentin (Italia) Mitchelton-Scott

8. Jasper Stuyven (Belgia) Trek-Segafredo

9. Nikias Arndt (Jerman) Team Sunweb

10. Peter Sagan (Slovakia) Bora-Hansgrohe.   

Final General Classification

1. Egan Bernal (Kolombia) Team Ineos 82:57:00

2. Geraint Thomas (Inggris) Team Ineos 0:01:11

3. Steven Kruijswijk (Belanda) Team Jumbo-Visma 0:01:31

4. Emanuel Buchmann (Jerman) Bora-Hansgrohe 0:01:56

5. Julian Alaphilippe (Prancis) Deceuninck-QuickStep 0:04:04

6.  Mikel Landa (Spanyol) Movistar Team 0:04:23

7. Rigoberto Uran (Kolombia) EF Education First 0:05:15

8. Nairo Quintana (Kolombia) Movistar Team 0:05:30

9. Alejandro Valverde (Spanyol) Movistar Team 0:06:12

10. Warren Barguil (Prancis) Arkéa Samsic 0:07:32. 

Mountain Classification

Romain Bardet (AG2R La Mondiale)

Point Classification

Peter Sagan (Bora-Hansgrohe)

Most Combative

Julian Alaphilippe (Deceuninck-QuickStep)

Team Classification

Movistar

 


COMMENTS