Sambil Menangis, Thibaut Pinot Mundur dari Tour de France 2019

Kejadian menyakitkan dan menyedihkan terjadi di awal Etape 19 Tour de France 2019, Jumat (26 Juli). Superstar Prancis, Thibaut Pinot, terpaksa mengundurkan diri dari lomba paling bergengsi ini. Dia mengalami cedera otot paha kiri. Ketika etape itu baru berlangsung 30-an km, dia berhenti dan sambil menangis masuk ke dalam mobil Groupama-FDJ.

Kejadian ini benar-benar mengecewakan publik Prancis. Baru sepekan lalu, Pinot terlihat sebagai climber terbaik di lomba ini. Dia mendominasi akhir pekan kedua lomba, memenangi Etape 14 di puncak Tourmalet.

Banyak yang bilang, kalau Julian Alaphilippe (Deceunick-QuickStep) gagal memenangi lomba ini, maka juaranya adalah Pinot.

Rupanya, Pinot sudah mengalami cedera paha itu dalam dua hari terakhir. “Thibaut mengalami cedera otot pada paha kiri. Kemarin (Kamis, 25 Juli) dia mengakhiri Etape 18 dengan rasa sakit parah dan kesulitan berjalan di malam hari. Kondisinya tidak membaik hari ini, jadi dia terpaksa mengundurkan diri dari Tour de France 2019,” begitu bunyi pernyataan resmi Groupama-FDJ.

Memasuki Etape 19 ini, Pinot berada di urutan lima general classification, hanya 1 menit dan 50 detik di belakang Alaphilippe.

Dalam karirnya, ini bukan kali pertama Pinot bermasalah di pekan terakhir sebuah grand tour. Sebelumnya pernah terjadi di lomba ini, juga di Vuelta a Espana. (mainsepeda)


COMMENTS