Colnago V3Rs Ikut Aliran Dropped Seatstay

Merek legendaris Italia, Colnago, merilis sepeda terbarunya. Bernama V3Rs, sepeda ini merupakan penerus dari V2-R, di deretan sepeda monocoque mereka. Mengikuti tren termutakhir, V3Rs menggunakan bentuk dropped seatstay untuk meningkatkan kenyamanan dan aerodinamika.

Berpusat di Cambiago, tak jauh dari Milan, Colnago memang punya dua “jalur” sepeda high performance. Seri “C” (yang terbaru C64) adalah deretan sepeda yang diproduksi langsung di Italia. Tepatnya di “garasi” rumah Ernesto Colnago, tepat di seberang jalan kantor/markas/warehouse.

Sepeda-sepeda ini dibuat dengan cara lebih tradisional, sistem lugged, menggabungkan “pipa-pipa” karbon dengan tangan (seperti menyambung pipa-pipa ledeng).

Jalur satu lagi adalah deretan sepeda high performance, yang dibuat dengan sistem monocoque. Menggunakan teknik produksi modern yang bisa menghasilkan bentuk-bentuk lebih rumit. Bedanya, deretan V1-R, V2-R, dan sekarang V3Rs ini dibuat di pabrik di Asia.

Tren dropped seatstay sekarang memang ramai digunakan berbagai produsen. Baik merek Amerika maupun Eropa. Lihat saja bagian belakang dari frame Specialized Tarmac, Scott Addict, Cannondale Supersix Evo, dan lain-lain.

Menurut Colnago, lewat V3Rs, mereka menargetkan bobot frame di kisaran 790 gram, size 50s (50 sloping), alias small. Meski lebih ringan, bagian belakangnya diklaim lebih stiff (kaku) 12 persen dari V2-R.

Walau dasarnya untuk high performance di jalanan beraspal, Colnago V3Rs ini juga bisa diajak ke jalanan lebih kasar. Karena dirancang bisa menampung ban hingga lebar 30 mm. Bahkan 32 mm pun bisa masuk.

Bagi yang berminat, Colnago V3Rs tersedia dalam format disc brake maupun rim brake. Juga tersedia dalam versi yang harganya lebih terjangkau, dinamai V3. (mainsepeda)

 


COMMENTS