Lomba balap sepeda yang masuk dalam kalender UCI Asia Tour, LBC Ronda Pilipinas 2019 berakhir Selasa, 12 Februari di Pandan, Antique, Filipina. Juara umumnya dimenangkan oleh pembalap asal Spanyol, Francisco Mancebo Perez (Matrix Powertag Japan).

Sejak Etape pertama, 8 Februari, Mancebo sudah menduduki puncak klasemen. Balapan yang diikuti oleh 15 tim (enam pembalap per tim) asal Asia ini diikuti juga oleh PGN Road Cycling Team dan Custom Cycling Indonesia. Berkompetisi dengan tim asal Kambodia, Srilanka, Korea, Malaysia, Jepang, dan lokal Filipina.

Tak mengecewakan, pembalap asal Indonesia, Jamalidin Novardianto (PGN Road Cycling Team) berhasil mencuri kemenangan pertama Etape 4 di kota Roxas sejauh 147 km.

“Etape empat itu dominan flat rutenya dengan sedikit rolling. Tapi kendala utama ada di angin yang kencang. Lawan terberat dari tim lokal Filipina, Navy-Standard Insurance dan 7-Eleven Cliqq-Air21 karena mereka selalu full attack,” tukas Rastra Patria, menejer PGN Road Cycling Team.

Hasil akhir general classification pun tidak terlalu mengecewakan. Jamal berhasil menduduki peringkat delapan. Dan dia menjadi satu-satunya pembalap asal Indonesia yang masuk dalam top ten klasemen akhir.

Balapan multistage ini digelar lima hari. Etape pertama tanggal 8 Februari rute Iloilo-Iloilo sejauh 198 km. Besoknya, Etape dua sejauh 102 km dari Guimaras-Guimaras. Etape ketiga dari Iloilo menuju Roxas City sejauh 179 km. Etape keempat Roxas-Raxas sejauh 147 km. Dan Etape terakhir, 12 Februari menempuh jarak sejauh 149 km dari Roxas – Antique. (mainsepeda)


COMMENTS