Campagnolo sudah merilis grupset 12-speed versi mekanikal pada bulan April tahun lalu. Kali ini, versi elektriknya, Campagnolo Super Record 12-Speed EPS terlihat di sepeda Ridley Noah tunggangan Caleb Ewan (Lotto-Soudal). Caleb akan menggunakannya di WorldTour pembuka 2019, Tour Down Under di Adelaide tanggal 15-20 Januari.

Dilihat dari fisiknya mirip dengan Campagnolo Super Record 12-speed mekanikal. Bentuk rear derailleur (RD) sedikit lebih ramping dibandingkan Super Record 11 speed. Begitu pula dengan front derailleur (FD) juga lebih slim dibandingkan versi 11 speed.

Unit EPS masih mirip dengan versi lama dan diikat dibawah stem. Sistem shifting juga masih sama menggunakan jempol dipasang di belakang tuas rem.

Baru di tahun 2019 ini, sepeda Canyon (tim Movistar) dan sepeda Ridley (tim Lotto Soudal) yang menggunakan Campagnolo 12-speed. Sedangkan sepeda Eddy Merckx (tim AG2R La Mondiale) masih menggunakan grupset Campagnolo Super Record EPS 11-speed.

Belum ada kabar resmi kapan Campagnolo akan menjual grupset ini ke pasaran. Tetapi apabila sudah digunakan oleh tim untuk berlaga di ajang WorldTour maka tidak lama lagi akan dijual umum. (mainsepeda)

 


COMMENTS