Mengunjungi Taipei Cycle Show 2018 (1)
Award untuk Zwift yang Nongol di Berbagai Sudut
by - November 01, 2018

Salah satu pameran industri terbesar di dunia, Taipei Cycle Show, berlangsung 31 Oktober hingga 3 November ini. Total ada 1.150 exhibitor tampil dari berbagai penjuru dunia, memperkenalkan produk terbaru masing-masing.

Mainsepeda.com hadir di acara tahunan ini, yang digelar di tiga lantai Nangang Exhibition Center plus satu hall besar di Taiwan Trade Center.

Dari kiri : Azrul Ananda, Yudy Hananta, dan John Boemihardjo.

Untuk dua seri pertama, Azrul Ananda dan Yudy Hananta akan mengulas para pemenang penghargaan desain dan inovasi di Taipei Cycle Show 2018. Memang, sejak 2010, di ajang ini selalu ada penghargaan khusus untuk produk-produk yang menampilkan inovasi baru atau memiliki desain istimewa. Dan para pemenangnya selalu mendapatkan tempat pameran khusus untuk dinikmati para pengunjung.

Total ada puluhan produk yang dianggap sebagai pemenang, di berbagai kategori industri. Jurinya dari berbagai bidang di dalam industri, dari beberapa negara. Sebagian akan diulas di sini, dimulai dengan lima pertama di seri pembuka ini. Mereka adalah:

SOFTWARE: Zwift

Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas Zwift memang terus meroket. Bagi yang belum familiar, Zwift adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat latihan indoor lebih menyenangkan, memadukannya dengan elemen bermain game.

Menurut juri, selama ini indoor training adalah bentuk latihan yang sangat efektif dan terstruktur. Dengan Zwift, latihan indoor terasa lebih menyenangkan, sosial, dan memberi kepuasan.

Asal tahu saja, Zwift muncul di berbagai penjuru Taipei Cycle Show 2018. Sejumlah produsen sepeda atau perangkat indoor training menggunakan Zwift untuk mengundang minat para pengunjung.

BOTTLE CAGE: Nuvo Enterprise

Bottle cage, atau tempat menaruh bidon, belakangan semakin diperhatikan desainnya. Beberapa produsen mulai memadukannya sebagai tempat untuk menaruh multitool atau ban cadangan.

Nuvo Enterprise termasuk salah satunya. Bottle cage mereka mendapat penghargaan di Taipei karena memiliki fungsi ganda menyimpan beberapa tool. Letaknya memanjang di “tulang punggung,” sehingga peralatannya tertutup rapi oleh botol. Benar-benar rapi tidak terkesan tebal!

HUB: Foss Zero Drag Silent Hub

Jangan remehkan hub. Kadang orang suka yang sangat berisik, tapi banyak tidak tahu kalau hub bisa menahan laju sepeda saat kita coasting (berhenti memutar pedal).

Foss Worldwide Inc. mendapat penghargaan dengan Zero Drag Silent Hub. Mereka menggunakan desain ratchet khusus. Sehingga, ketika kita berhenti memutar pedal, putaran roda sama sekali tidak terganggu dan bunyinya sangat halus!

CHAINRING: Digirit Full Carbon Chainring

Full carbon chainring bukan hal baru. Tapi biasanya dipadu dengan gigi metal. Kalau tidak, ketahanannya diragukan. Nah, di Taipei 2018, Digirit Full Carbon Chainring mampu memukau para juri. Selain sangat ringan karena terbuat sepenuhnya dari karbon, produk ini telah lolos tes yang sangat berat.

Menurut Digirit, chainring ini dibuat dengan struktur laminasi khusus, dibantu lapisan metallic powder. Mereka mengklaim telah menguji ketahanannya hingga 25.000 mil, dan di penghujungnya chainring masih terlihat segar. Inilah full carbon chainring yang disebut lebih tangguh dari chainring alloy!

WHEELSET: Hawkvi Ultrapex UT3

Produk Hawkvi ini tampaknya berhasil mengatasi sejumlah masalah besar pada wheelset karbon. Utamanya mengenai ketangguhan, stabilitas dari hantaman angin samping, dan kenyamanan.

Bentuknya relatif high profile, mencoba membelah angin sebaik mungkin. Dibantu dengan bahan spoke (ruji) yang juga dari karbon, yang dibentuk untuk membantu membelah angin, menambah kenyamanan, sekaligus mengurangi efek negatif hantaman angin dari samping.

Untuk mengatasi masalah pengereman (rim brake), ada tekstur beralur untuk membantu rem lebih menggigit. Tapi risiko panasnya dikurangi karena menggunakan resin khusus dan sentuhan graphene.

Benar-benar wheelset yang sangat memukau! (bersambung)

 


COMMENTS