Bill Walton, Sang Legenda NBA Pecinta Sepeda yang Tutup Usia Karena Kanker

Bill Walton, nama yang tak asing bagi penggemar basket karena prestasinya, tetapi juga karena obsesinya yang mendalam terhadap olahraga sepeda. Legenda hidup NBA memenangkan dua gelar nasional di UCLA, dua gelar juara NBA di Portland dan Boston, tapi di luar lapangan ia adalah pecinta jalanan hingga menemukan kebahagiannya di atas sadel sepeda. 

"Impian saya adalah bersepeda 100 mil (160 km) sehari. Bangun, makan pagi, gowes, berhenti makan siang, gowes lagi, pulang, renang, masuk jacuzzi, mandi air panas, makan malam. Lalu besoknya diulangi lagi, setiap hari,” tuturnya seperti dilansir Wall Street Journal beberapa tahun lalu.

Akan tetapi, kabar buruk menimpa Walton. Ia telah meninggal dunia setelah perjuangan panjang melawan kanker pada hari Senin, 27 Mei 2024. Walton tutup usia di umur 71 tahun. 

Dikenal dengan tubuh jangkung, 211 cm. Ia bahkan harus memodifikasi sepedanya agar bisa cocok dengan postur badannya yang tinggi menjulang. "Walton Special", sebuah sepeda yang dirancang khusus untuknya.

Sepeda yang dimodifikasi khusus untuk Bill Walton dengan frame yang lebih tinggi dan lebar. 

Salah satu modifikasi yang dilakukan adalah memperpanjang frame. Dengan tinggi badan yang luar biasa, frame standar sepeda tidak lagi cukup untuknya. Selain itu, posisi duduknya juga disesuaikan dengan kebutuhan fisiknya yang unik. 

Tidak hanya itu, komponen-komponen lain dari sepeda juga dimodifikasi sesuai kebutuhan Walton. Handlebar diperlebar untuk memberikan ruang yang cukup bagi lengan panjangnya, rem diperkuat untuk menangani beban tambahan, dan roda diperkuat agar mampu menahan beratnya. Setiap detail direkayasa sedemikian rupa demi Walton. 

Ketertarikan Walton pada sepeda tidak hanya sebatas penggunaan rutin. Tapi dia benar-benar mencintainya. 

"Saya mencintai sepeda, saya mencintai San Diego, dan saya mencintai tenaga surya," kata Walton. 

Pada tahun 2016, dia sangat senang ketika dia mendengar bahwa Amgen Tour of California akan dimulai di San Diego sehingga dia mengendarai sepeda kustomnya dari rumahnya di dekat Balboa Park hingga konferensi pers di tepi pantai. Ia menggambarkan dirinya sebagai "joyrider". 

Bill Walton saat mengendarai sepeda raksasanya. 

Bersepeda menjadi jalan hidupnya untuk keluar dari bayang-bayang mimpi buruk masa lalu karena cedera. Kariernya banyak terhadang cedera. Dia meninggalkan Portland untuk bermain untuk San Diego/Los Angeles Clippers dari 1979 hingga 1985, tetapi tidak pernah mencapai puncak. Ia berjuang melalui cedera kaki dan lutut, yang menyebabkan hampir 40 operasi ortopedi dalam hidupnya menurut hitungannya.

“Ini adalah kebahagian terbesar dalam hidup ketika anda pergi ke luar sana dan mampu melakukan apa yang anda bisa lakukan. Saya sudah tak bisa bermain basket selama 34 tahun. Tapi saya bisa mengendarai sepeda," imbuhnya. 

Hari ini dan hari di masa mendatang kita sudah tidak akan lagi menyaksikan pria setinggi 211 cm, seorang legenda NBA yang bersepeda dengan senyum lebarnya di jalanan. Selamat jalan, Bill Wilton! (Mainsepeda)


COMMENTS