Gelar Kategori Gontai dan Jagal Demit, Tour of Baturraden 2024 Diikuti Ratusan Cyclist

Event balap sepeda Tour of Baturraden 2024 yang baru pertama kali digelar sukses terselenggara pada Sabtu, 25 Mei 2024. Ratusan cyclist dari berbagai pelosok Indonesia pun ikut berpartisipasi dalam ajang yang dilaksanakan di Purwokerto, Banyumas. 

Balapan ini dibagi ke dalam dua kategori, yaitu balapan non-kompetitif yang dinamai Gontai (105,84 km, elevasi 1.107 m) dan balapan kompetitif dengan sebutan Jagal Demit (127,8 km, elevasi 1.840 m).

Yang membedakan kedua kategori tersebut adalah setelah Water Station 4 di Km 97,2, peserta Gontai langsung menuju garis finis di Menara Pandang Teratai Purwokerto, sedangkan peserta Jagal Demit saling mengadu kecepatan menanjak ke Baturraden. Event ini sendiri start pada pukul 06.00 WIB. 

Para cyclist yang mengikuti Tour of Baturraden 2024 terlihat memenuhi jalan utama di Banyumas. 

Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro menyebut penyelenggaran Tour of Baturraden sukses besar. Salah satu tolok ukurnya ialah animo publik yang membeludak. Baik dari peserta, maupun antusias dari masyarakat. 

"Ini merupakan salah satu kegiatan spor tourism yang kami laksanakan di Kabupaten Banyumas. Tentu sektor hotel, kuliner, dan tempat wisata meningkat kegiatan ekonominya. Antusiasme masyarakat juga tidak putus di sepanjang jalan," kata Hanung. 

Baca Juga: Ulang Tahun Kedelapan, Women's Cycling Community Surabaya Rilis Jersey Baru

Lebih lanjut, Hanung berharap gelaran ini akan menjadi event rutin tahunan di Kabupaten Banyumas. 

"Saya pikir ini awal yang bagus. Kami berencana untuk menjadikan ini sebagai event tahunan," imbuhnya.   

Para peraih podium di gelaran Tour of Baturraden 2024. 

Tour of Baturraden terdiri dari delapan kategori balapan dengan total hadiah senilai Rp 100 juta. Untuk kategori Men Elite, pemenangnya ialah mantan atlet cyclist nasional, Agung Ali Sahbana. Sementara peringkat dua dan tiga diisi oleh M. Syelhan Nurrahmat dan Abdul Soleh. 

Agung yang dihubungi terpisah mengaku senang atas pencapaiannya. Ia mengaku timnya NC Pro Cycling telah melakukan perbaikan pasca turun di ajang Antangin Bromo KOM X pekan lalu. 

"Senang bisa mencapai target tim dan saya pribadi. Target memang dari awal posisi 1. Kita optimis setelah evaluasi dari Bromo KOM kemarin," ujar Agung. (Mainsepeda)


COMMENTS