Kembali ke Tempat Start Original, Bromo KOM X Start dari Polda Jatim!

Bromo KOM tahun ini terasa istimewa karena memasuki usia satu dekade. Dan semakin terasa spesial karena lokasi start yang akan kembali dimulai di Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur. 

Bromo KOM dan Polda Jatim punya ikatan bersejarah yang tak terpisahkan. Bahkan, titik start pertama yang menandai lahirnya tonggak ajang bersepeda epik Indonesia itu digelar di Polda Jatim. Saat itu, Bromo KOM masih bernama Bromo 100.

Begitu juga di tahun kedua, Bromo 100 pada 2015 mengambil start di lokasi yang sama. Setelah itu, beberapa kali Polda Jatim menjadi lokasi start, yakni pada 2016, 2017, 2022, dan kini Polda Jatim akan menjadi penanda momen spesial Bromo KOM X 2024 usai tahun lalu balapan dimulai dari Balai Kota Surabaya. 

Kepastian start event Bromo KOM X di Mapolda Jatim didapatkan tim Mainsepeda setelah surat ijin resmi dikeluarkan oleh jajaran Polda Jawa Timur. 

"Polda Jawa Timur sejak awal selalu berkomitmen mendukung kegiatan-kegiatan Mainsepeda. Dan Mapolda Jatim merupakan lokasi yang sarat sejarah bagi kami," kata Wakil Direktur DBL Indonesia Doni Rahardian.

Polda Jatim berada di bagian selatan kota Surabaya, tapi tidak jauh dari pusat kota. Lokasi mudah diakses dengan berbagai jenis transportasi karena berada di jalan raya poros utama, yakni di Jalan Ahmad Yani. 

Baca Juga: Nonton Ultra Cycling Movie EJJ 2024 1.500 Km, Cyclist: Bukti Real Perjuangan Super Berat

Mudahnya akses membuat peserta Bromo KOM X tak harus menginap di kawasan selatan. Dapat pula memilih menginap di pusat kota sekaligus mencicipi wisata kuliner khas kota Surabaya. Wisata belanja juga menjadi pilihan lain yang menarik bagi para peserta Bromo KOM X. 

Gelaran yang disebut sebagai 'Naik Haji'-nya cyclist Indonesia ini rencananya akan digelar pada 18 Mei 2024 dan bakal menempuh jarak sepanjang 100 km. Setidaknya 1.500 peserta akan mengikuti tantangan untuk mendaki ke puncak Wonokitri dengan elevasi mencapai 2000 meter. 

Bromo KOM X juga akan menjadi pembuka East Java Trilogy. Setelah Bromo KOM X, berikutnya adalah Kediri Dholo KOM yang digelar 14 Juli. Dan terakhir ialah event Banyuwangi Blue FIre Ijen Kom yang berlangsung pada 21 September. (Mainsepeda)


COMMENTS