Volta a Catalunya Etape 5: Menang Setengah Sepeda, Debut Impresif Axel Laurance di Ajang WorldTour

Talenta muda Alpecin Deceuninck Axel Laurance bisa jadi pembalap yang menjanjikan di masa depan. Baru menjalani debutnya di ajang WorldTour tahun ini, prestasi mentereng langsung dia torehkan. Pembalap Prancis tersebut memenangi etape 5 Volta a Catalunya, Jumat, 22 Maret 2024, setelah secara mengejutkan menjadi yang tercepat dalam adu sprint jelang finis di Viladecans.

Padahal, Volta a Catalunya baru menjadi ajang WorldTour  kedua Laurance. Sebelumnya, dia baru saja menjalani debut di level senior saat turun di Milan-San Remo pertengahan Maret lalu. 

Selain usianya yang masih muda, talenta Laurance juga cukup unik. Karakter pembalap 22 tahun itu sejatinya lebih condong sebagai seorang climber namun mampu tampil kompetitif di ajang one-day race. Meski memiliki kapasitas sebagai seorang pembalap tanjakan, Laurance juga punya power untuk melakoni bunch sprint.

Buktinya, di etape kelima Volta a Catalunya yang harus diselesaikan melalui adu sprint, Laurance berhasil mengalahkan sejumlah sprinter-sprinter tulen lainnya seperti Marijn van den Berg (EF Education-EasyPost) dan Brian Coquard (Cofidis) dalam duel sprint yang sangat ketat. Saking ketatnya, pemenang harus ditentukan lewat photo finish. Laurance menjadi pemenang etape kelima dengan unggul hanya berselisih setengah sepeda dari Van den Berg. 

Laurence mendapatkan promosi ke tim utama berkat penampilan apiknya di kompetisi usia muda. Tahun lalu, dia sukses menjadi juara dunia U-23 road race di Glasgow setelah menaklukan perlawanan cyclist Portugal Antonio Morgado dengan selisih waktu 2 detik. 

"Ini adalah tahun pertama saya di tim WorldTour , jadi bisa memenangkan satu tahapan dalam perlombaan WorldTour di tahun pertama saya di WorldTour tentu sangat menyenangkan,” kata Laurance.

Adu sprint antara Axel Laurence, Marijn van den Berg dan Bryan Coquard jelang garis finis etape 5 Volta a Catalunya. 

"Saya pikir ini adalah salah satu tahapan tersulit hingga saat ini, salah satu tahapan yang paling agresif. Itu adalah balapan yang menarik hingga final, dan saya senang ini telah berakhir," imbuhnya. 

Baca Juga: Volta a Catalunya Etape 4: Comeback Stronger Marijn van den Berg

Volta a Catalunya menyisakan dua etape lagi. Pembalap UAE Team Emirates Tadej Pogacar masih kokoh di puncak dengan keunggulan waktu 2 menit 27 detik dari pesaing terdekatnya Mikel Landa (Soudal Quick-Step). Pembalap Slovenia itu sebelumnya mampu membuat jarak waktu yang cukup lebar dari rival-rivalnya setelah tampil dominan dengan melakoni solo breakaway pada etape 2 dan 3. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS