Bikeberry Konsisten Empat Tahun Berbagi Lewat Kurir Kebikean

Sudah empat tahun ini komunitas sepeda asal Surabaya Bikeberry konsisten menggelar acara charity yang diberi nama "Kurir Kebikean". Kegiatan ini adalah bersepeda keliling kota sembari membagikan sembako di bulan Ramadan.

"Awalnya kami bagi-bagi makanan waktu pandemi. Itu pas 2021. Terus sejak 2022 diubah dengan berbagi sembako karena dirasa lebih dibutuhkan. Jadi ini sudah masuk tahun keempat," kata Humas Bikeberry, Nashrullah Fahmi. 

Dulu awalnya sembako yang dibagikan berasal dari donasi para member Bikeberry. Tapi kini mereka juga terbuka ke semua masyarakat untuk ikut berdonasi.

Donasi dibuka dengan cara Bikeberry menjual paket sembako yang akan dibagikan ke masyarakat. Harga paketnya Rp 35 ribu. Paket tersebut berisi berbagai macam kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, gula, teh, kopi, susu, dan mi instan. 

Kegiatan ini pun menarik atensi masyarakat. Di pekan pertama puasa saja, Fahmi mengaku sebanyak 380-400 paket sembako telah terjual. Padahal target yang dicanangkan selama Ramadan ini adalah 500-600 paket. 

Tingginya animo masyarakat ini membuat Bikeberry akhirnya mengajak komunitas sepeda lain di Surabaya untuk bergabung. Antara lain Spedox Surabaya, Women Cycling COmmunity (WCC) Surabaya, dan Troy Surabaya. 

Paket tersebut dibagikan tiap akhir pekan sembari gowes. "Karena paketnya makin banyak, kami ngajak kolaborasi komunitas lain," ujar Fahmi. 

Fahmi mengakui tahun isi dari paket sembako yang dibagikan tak sebanyak tahun lalu. Ini terjadi karena harga sembako pada Ramadan kali ini naik gila-gilaan.

"Agak sedih karena ada penurunan jumlah isi sembako karena semua harga naik. Kalau nilai sembakonya dinaikan takutnya donatur keberatan dan paket sembako yang akan kita bagikan jadi terlalu sedikit. Yang penting niatnya tidak berkurang," jelasnya.

Bikeberry sendiri saat ini telah berusia 15 tahun. Uniknya, komunitas ini terbentuk dari grup pengguna telepon genggam merek Blackberry yang sempat booming sebelum hadirnya smartphone berbasis Android.(Mainsepeda)


COMMENTS