Paris-Nice Etape 4: Santiago Buitrago Menangi Etape, Luke Plapp Rebut Klasemen GC

Cyclist Bahrain Victorious Santiago Buitragoo merebut kemenangan di Etape 4 Paris-Nice 2024 pada Kamis dini hari, 7 Maret 2024. 

Pembalap Kolombia ini mengambil keputusan berani. Ia terus ngepush saat mencoba menaklukkan tanjakan Mont Brouilly sepanjang 1,3 Km dengan elevasi 7,7 persen. Hasilnya Santiago Buitragoo finis terdepan dengan catatan waktu 4 jam 25 menit 52 detik. 

“Saya tidak mengharapkan ini. Ini tentang mencoba, mencobanya, dan saya mencobanya. Pada akhirnya, Anda tidak tahu bagaimana segala sesuatunya akan berjalan dan kami mencapai hasil yang sangat bagus,” kata Buitrago.

Perolehan waktu Buitrago ini cukup signifikan untuk memangkas jarak dari lawan-lawannya. Namun, sorotan tak hanya milik pembalap 24 tahun ini. 

Luke Plapp finis kedua di balapan etape 4 Paris-Nice 2024.

Sorotan panggung utama etape 4 Paris-Nice 2024 tertuju kepada pembalap Team Jayco-AlUla Luke Plapp. Cyclist Australia ini dengan cerdik menjaga jarak dari Buitrago sehingga ia hanya tertinggal 10 detik sebagai runner up

Hasil ini membuat Plapp merebut klasemen sementara juara umum atau general classification (GC). Sekaligus jaket kuning dari tangan Brandon McNulty.

Plapp unggul 13 detik daripada Buitrago yang menyodok ke posisi runner-up usai naik 21 peringkat. Sedangkan, McNulty kini tersisih di posisi ketiga dengan perbedaan 27 detik dari Plapp.

"Saya sedikit berada di belakang, tapi rekan-rekan saya mendorong saya untuk maju. Saya sungguh terkejut sejujurnya. Ini cukup aneh dengan apa yang terjadi, tapi saya senang," ujar Plapp. 

Usai hasil Team Time Trial (TTT) di etape ketiga, prediksi peraih gelar juara umum hanya akan diperebutkan oleh pembalap dari UAE Team Emirates dan Team Jayco AlUla. Tapi Buitrago berhasil mengganggu dominasi kedua tim tersebut. 

Mathieu Burgaudeau meraih poin maksimal untuk mempertahankan jersey polkadotnya.

Jalur di pegunungan pembalap TotalEnergies Mathieu Burgaudeau kembali menunjukkan kehebatannya. Burgaudeau meraih poin maksimal di Col de Boubon dan Côte de Vauxrenard untuk mempererat cengkeramannya pada jersey polkadot.

Saat melalui Col de Durbize, Cristian Scaroni dari Astana Qazaqstan Team mencoba keluar dari rombongan. Namun, keunggulannya tak terlalu lama. 

Puncaknya pada 1 Km akhir jelang finis, Buitrago mencoba melesat keluar dari barisan dan berhasil menambah jarak. Hanya Plapp yang masih cukup dekat dengan Buitrago. Sedangkan, pembalap lain seperti Mattias Skjelmose dari Lidl-Trek dan Remco Evenepoel dari Soudal Quick-Step harus finis dengan perbedaan waktu mencapai 37 detik. (Mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS