Paris Nice 2024 Etape 3: UAE Emirates Team Tegaskan Dominasi di Team Time Trial

UAE Emirates Team semakin menegaskan dominasinya dalam kelas Time Trial usai memenangi etape 3 Paris-Nice 2024, Rabu dini hari, 6 Maret 2024. Dalam kategori Team Time Trial (TTT), tujuh pembalap tim UAE Emirates Team berhasil menyelesaikan rute sepanjang 26.9 Km dengan catatan waktu 31 menit 23 detik. 

Team Jayco AlUla merebut posisi runner-up setelah lebih lambat 15 detik dari UAE Team Emirates. Sedangkan, podium tempat ketiga dimiliki tim asal Amerika Serikat, EF Education-EasyPost.

Sebelumnya para pembalap UAE Emirates Team berhasil menjuarai kelas Individidu Time Trial di beberapa event berbeda tahun ini. Di awali event UAE Tour dimana tim tuan rumah sukses menyabet seluruh podium. Sedangkan, Juan Ayuso berjaya di etape pembuka ajang Tirreno-Adriatico 2024 pada kelas yang sama. 

Tim Soudal Quick-Step bersaing dalam kelas Team Time Trial (TTT) Paris-Nice 2024.

Sementara itu, Soudal Quick-Step harus puas berada di list keempat klasemen TTT kali ini. Tim yang digawangi Remco Evenepoel sempat merebut waktu tercepat di pos Cote de Jussy. Tapi pada akhirnya harus puas finis 22 detik di belakang UAE Team Emirates.

Finn Fisher-Black merupakan salah satu pembalap UAE Team Emirates yang melewati garis finis pertama bersama Joao Almeida, Brandon McNulty dan Jay Vine. Ia pun akan mengenakan jersey putih yang diperuntukkan untuk pimpinan pembalap usia muda saat memulai balapan di etape 4 di Chalon-sur-Saône. 

“Saya menyukai kategori ini karena kami tahu kami adalah tim yang kuat dalam hal ini. Semua orang cukup bagus dalam uji waktu dan kami tahu kami memiliki peluang bagus untuk menang," ujar Fisher-Black. 

Selain berkat teknik dan kekuatan, faktor kemenangan UAE Team Emirates juga karena kondisi cuaca yang baik. Pasalnya beberapa tim harus melewati jalur dalam kondisi hujan. 

"Kami beruntung memiliki cuaca yang cukup bagus juga. Saya tidak akan berbohong dan mengatakan itu tidak membuat perbedaan, kami datang sebelum hujan jadi yang pasti itu bermanfaat bagi kami," imbuh cyclist asal New Zealand berusia 22 tahun ini.

Hasil ini membuat posisi empat pembalap UAE Team Emirates terdongkrak ke posisi puncak klasemen juara umum (GC). Brandon McNulty, Finn Fisher-Black, Joao Almeida, dan Jay Vine kini mengisi posisi empat besar dengan keunggulan 15 detik dari tiga pembalap, Team Jayco AlUla.

Sementara itu, posisi pemuncak GC sebelumnya Laurence Pithie harus longsor 26 peringkat. Sedangkan, Remco Evenepoel menjadi satu-satunya pembalap Soudal Quick-Step yang bertahan di pos 10 besar.

“Ini menempatkan kami dalam posisi yang sangat baik untuk GC dengan kami berempat, kami dapat berusaha bertarung dalam beberapa hari ke depan. Ini jelas bukan tentang bertahan, saya rasa masih akan ada banyak balapan menyerang yang akan datang. Kami berada dalam posisi yang sangat bagus dan saya menantikan beberapa hari ke depan," tutup Fisher-Black.

Tim Visma-Lease a Bike dengan helm terbaru dengan desain yang sangat unik.

Banyak pembicaraan sebelum balapan berpusat pada helm baru tim Visma-Lease a Bike. Namun, desain yang aneh pun tak begitu berpengaruh pada performa tim. Di etape 3 ini, Visma-Lease a Bike hanya puas berada di peringkat keenam dengan 38 detik lebih lambat dari puncak klasemen.(mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS