AA SoS Malaysia Training Camp 2024-Done: Car Free Morning di Tengah Kuala Lumpur

Rangkaian program Azrul Ananda School of Suffering (AA SoS) Malaysia Training Camp 2024 berakhir di Kuala Lumpur, Minggu, 4 Februari. Sebanyak 24 cyclist peserta benar-benar gowes santai. Recovery sekaligus merasakan seperti apa Car Free Morning (CFM) di sana.

Rupanya, di KL, program CFM tidak selalu sama. Tiap pekan, rute jalan yang ditutup untuk kendaraan bermotor bisa berubah-ubah. Melewati kawasan-kawasan ikonik yang berbeda-beda. Kebetulan, Minggu ini, rutenya sepanjang 7 km, termasuk melintasi jalan di sekitar Petronas Twin Tower.

Acara CFM sendiri dibuka di Dataran Merdeka pukul 07.00, saat hari masih sangat gelap. Hingga pukul 09.00, masyarakat boleh melintasinya untuk berolahraga. Boleh lari, bersepeda, roller blade, atau skateboard. Dengan catatan, semua bergerak searah, satu arah. Tidak ada yang melawan arus.

Yang berlari pun ada di sisi kiri, memberi jalan luas bagi yang memakai sepeda atau perangkat lebih cepat.

Tidak ada satu pun orang berjualan! Disediakan kawasan khusus di Dataran Merdeka untuk yang berjualan. Jalan yang ditutup benar-benar untuk orang berolahraga, tidak boleh ada yang menghalangi.

Saat menunggu CFM dimulai, kelompok berkumpul di dekat gapura start. Go Suhartono, yang akrab dipanggil Koh Hai, mendapatkan perhatian khusus. Beberapa pengunjung CFM mengajaknya berbicara. "Mereka tanya dari mana. Usia saya berapa", ungkap Koh Hai.

Mengutip Johnny Ray, Koh Hai memang "pusaka Surabaya". Di usia 74 tahun masih lebih kuat dari mereka yang jauh lebih muda.

Peserta hanya keliling 1,5 putaran. Niatnya memang lebih untuk mencicipi seperti apa CFM sekaligus foto-foto di depan Twin Tower. Kapan lagi bisa berfoto di tengah jalan, di depan menara kembar tertinggi itu. Apalagi, belum tentu setiap Minggu rutenya lewat situ.

Usai acara, peserta langsung balik ke hotel. Mengepak sepeda lagi sebelum naik ke kamar untuk beres-beres. Lewat tengah hari, rombongan bergantian menuju bandara. Kelompok penerbangan ke Jakarta duluan, baru kelompok penerbangan ke Surabaya satu jam kemudian.

Rangkaian AA SoS Malaysia Training Camp 2024 ini akan bisa diikuti keseruannya di vlog Mainsepeda, di YouTube, tidak lama lagi! Program ini diselenggarakan rutin sejak 2014 hingga 2019, dan kini kembali lagi setelah pandemi. Diselenggarakan oleh AA SoS, dibantu oleh Lily Tours, di-support oleh Wdnsdy Bike, SUB Jersey, dan Strive Nutrition. (mainsepeda)


COMMENTS