Inilah Tim-Tim Dunia yang Ganti Sepeda untuk 2024


Menurut federasi balap sepeda dunia, UCI, total ada 18 tim WorldTour dan 17 tim ProTour berlaga di musim 2024. Itu kategori Men (laki-laki), dengan sejumlah tim juga terjun di kategori perempuan. Rata-rata punya kerja sama panjang dengan produsen sepeda. Namun, tahun ini, ada tiga tim melakukan perubahan suplier yang signifikan.


Lotto-Dstny: Ridley ke Orbea

Secara resmi, Lotto-Dstny bukanlah tim WorldTour. Tim Belgia ini ada di level kedua ProTour. Namun, sebagai salah satu ProTour terbaik 2023, mereka mendapatkan tiket otomatis untuk tampil di tiga grand tour 2024. Termasuk Tour de France.

Beberapa tahun lalu, tim ini memang ada di level WorldTour. Tapi lantas memilih untuk turun satu step dengan alasan finansial. Padahal, ini adalah salah satu tim paling dikenal di peloton dunia.

Alasan finansial pula yang membuat tim ini pindah suplier sepeda. Setelah 16 tahun bersama Ridley, dan memenangi lebih dari 380 lomba bersama merek Belgia itu, Lotto-Dstny pindah ke merek Spanyol: Orbea.

"Kami memang pindah ke merek baru. Bukan karena kami tak puas dengan kualitas sepeda Ridley. Kami memilih merek lain karena kami ingin memperbaiki situasi finansial kami", ucap Stephane Heulot, CEO tim, seperti dilansir Het Laatste Nieuws.

Kabarnya, kontrak Ridley sejatinya masih hingga 2025. Dan sempat ada kontroversi mengenai pemutusan hubungan ini. Namun, memasuki 2024, tampaknya segala masalah legal telah teratasi. Lotto-Dstny akan menggunakan sepeda climber Orca, sepeda aero Orca Aero.


Groupama-FDJ: Lapierre ke Wilier

Bila Lotto-Dstny bisa berpisah dengan Ridley setelah 16 tahun, Groupama-FDJ malah lebih ekstrem lagi. Tim WorldTour Prancis itu musim ini tidak lagi menggunakan sepeda Prancis Lapierre, setelah 22 tahun bersama! Groupama-FDJ akan menggunakan Wilier Triestina, merek legendaris Italia.

Kabar perpisahan ini sudah beredar beberapa pekan. Sekarang, begitu kalender 2024 dimulai, barulah kerja sama baru resmi diumumkan. Wilier pun memperkenalkan corak baru sepedanya, dengan fondasi warna putih plus aksen biru, khas warna Groupama-FDJ.

"Warna ini tentu adalah tribute untuk warna tim dan bendera Prancis", kata Michele Gastaldello, CEO Wilier.

Ini berarti, pada 2024 Wilier mensuplai dua tim WorldTour. Mereka lebih dulu punya hubungan dengan Astana Qazaqstan.

 

Decathlon-AG2R La Mondiale: BMC ke Van Rysel

Bila satu tim "lawas" Prancis meninggalkan sepeda Prancis, maka tim "lawas" lain justru kembali ke merek Prancis. Decathlon-AG2R La Mondiale, yang musim lalu bernama AG2R-Citroen, akan meninggalkan BMC (merek Swiss) untuk memakai Van Rysel.

Merek Van Rysel diluncurkan kali pertama pada 2018. Ini adalah merek "high end" di bawah bendera Decathlon, hypermarket produk olahraga yang berpusat di Prancis. "Van Rysel punya ambisi besar: Masuk lima besar merek sepeda dunia", tandas Nicolas Pierron, direktur merek tersebut.

Dengan masuknya Decathlon ini, ada dua merek besar langsung terdepak dari WorldTour 2024. Merek BMC untuk sementara absen dulu, karena belum ada tim level WorldTour lain memakainya. Satu lagi adalah merek grupset legendaris, Campagnolo. Merek kondang Italia itu juga tidak akan hadir di WorldTour 2024, bahkan juga disebut sedang menghadapi masalah eksistensi yang lebih mendalam.


Menunggu Launching Sepeda Baru

Sementara mayoritas tim tidak ganti suplier sepeda, beberapa tetap akan disoroti ekstra. Sebab, beberapa produk baru seharusnya muncul untuk musim 2024, mengikuti siklus update model setiap dua sampai lima tahun.

Yang paling ditunggu mungkin adalah Trek. Banyak beredar di media sosial pembalap Lidl-Trek menunggangi senjata baru. Bentuknya simple ringan ala sepeda climber normal, tapi menggunakan fondasi seatpost berlubang besar ala sepeda aero Madone. Inikah Trek Emonda terbaru?

Sementara itu, Ineos Grenadiers juga bisa disoroti. Supliernya, Pinarello, dalam beberapa generasi terakhir menggangi model flagship-nya, Dogma, setiap dua tahun. Akankah ada pengganti Dogma F musim ini? (mainsepeda)

Daftar Tim WorldTour 2024 (dan Sepeda-Grupsetnya)

1. Alpecin-Deceuninck, Canyon, Shimano
2. Arkea-B&B Hotels, Bianchi, Shimano
3. Astana Qazaqstan, Wilier Triestina, Shimano
4. Bahrain Victorious, Merida, Shimano
5. Bora-Hansgrohe, Specialized, SRAM
6. Cofidis, Look, Shimano
7. Decathlon-AG2R La Mondiale, Van Rysel, Shimano
8. dsm-firmenich PostNL, Scott, Shimano
9. EF Education-EasyPost, Cannondale, Shimano
10. Groupama-FDJ, Wilier Triestina, Shimano
11. Ineos Grenadiers, Pinarello, Shimano|
12. Intermarche-Wanty, Cube, Shimano
13. Jayco AlUla, Giant, Shimano
14. Lidl-Trek, Trek, SRAM
15. Movistar, Canyon, SRAM
16. Sould Quick-Step, Specialized, Shimano
17. Visma-Lease a Bike, Cervelo, SRAM
18. UAE Team Emirates, Colnago, Shimano

 


COMMENTS