Pogacar Tampil di Giro d’Italia 2024, Cavendish Pilih Absen

Superstar dari tim UAE Team Emirates Tadej Pogacar dipastikan tampil di Giro d’Italia Mei mendatang. Kepastian itu diumumkan grand tour pembuka tersebut di akun X (dulu Twitter) mereka Minggu waktu setempat (17/12). Dengan demikian, itu akan menjadi debut Pogi, sapaan Pogacar, di Giro d’Italia.

Dalam video pendek itu, Pogi terlihat datang di bandara. Ia membawa koper kabin warna hitam. Ia dijemput oleh oleh tim dari Giro d’Italia.

Pogi adalah salah satu bintang terhebat di peloton dunia saat ini. Namun, belum sekali pun pembalap asal Slovenia itu tampil di Giro. Pembalap 25 tahun itu lebih memilih memfokuskan diri mengikuti grand tour paling akbar, Tour de France.

Dalam perjalanan kariernya, sudah dua kali ia menjadi juara general classification Tour, 2020 dan 2021. Dua tahun terakhir gelar tersebut direbut oleh Jonas Vingegaard (Visma).

RCS, penyelenggara Giro, dalam beberapa bulan terakhir dilaporkan berusaha keras untuk membujuk Pogi agar ikut event yang memperebutkan pink jersey sebagai tanda juara general classification tersebut.

Giro perlu mendatangkan sebanyak mungkin superstar untuk meningkatkan gengsi kejuaraan. Apalagi, juara bertahan Primoz Roglic (Bora-Hansgrohe) dipastikan absen pada edisi 2024, ia lebih memilih mempersiapkan diri untuk ikut Tour de France. 

Pogi sendiri adalah pembalap yang sangat populer di Italia. Ia adalah satu di antara tiga pembalap yang bisa juara ajang classics Il Lombardia tiga tahun berturut-turut (2021, 2022, 2023).

Sementara itu, Mark Cavendish (Astana Qazaqstan) mengambil pilihan berbeda. Ia memutuskan tidak tampil di Giro, agar bisa lebih fokus menyambut Tour de France. Ia ingin menambah koleksi kemenangan di Tour untuk memecahkan rekor Eddy Merckx.

Saat ini, Cavendish dan Merckx sama-sama mengoleksi 34 kemenangan etape di Tour de France. Itu adalah jumlah terbanyak, unggul jauh dari terbanyak kedua Bernard Hinault dengan 28 kemenangan. Nah, satu saja Cavendish bisa menambah koleksi kemenangan etape, maka ia akan menjadi yang terbanyak sepanjang masa di Tour. (mainsepeda)


COMMENTS