WorldTour 2024: AG2R Tinggalkan Bib Cokelat

Tim Prancis, AG2R La Mondiale, merupakan salah satu tim paling awet di arena WorldTour. Dikenal sebagai salah satu "tim kecil" yang berani, dan lebih dikenal lagi sebagai tim yang selalu memakai bibshort warna cokelat.

Mulai 2024, AG2R bakal meninggalkan bib warna cokelat itu. Tim itu akan mendapat sokongan penuh dari Decathlon, perusahaan retail olahraga asal Prancis. Karena itu, saat presentasi di kantor pusat Decathlon di Lille, tim ini menampilkan warna baru.

Dengan nama baru Decathlon AG2R La Mondiale, atasan seragamnya bakal warna biru putih, khas Decathlon. Bawahannya: Hitam.


Outfit para pembalap AG2R La Mondiale sebelum kerjasama dengan Decathlon selalu identik dengan bibshort warna cokelat.

Tim ini juga membesut produk-produk Decathlon. Khususnya sepeda, helm, dan kacamata merek Van Rysel milik perusahaan Prancis itu.

Selama ini dikenal memproduksi "barang murah", lewat AG2R Van Rysel menunjukkan niat untuk "naik kelas". Sepeda aero allround RSR dan time trial FCR sudah dikembangkan untuk tim ini. Begitu pula deretan helm baru.

Suplier lain adalah grupset Shimano, wheelset Swiss Side, sadel Fizik, aparel Rosti, dan komponen Deda Elementi.

Menurut Decathlon, gabung ke AG2R adalah langkah penting untuk kemajuan perusahaan. "Kami ingin jadi salah satu merek sepeda paling hebat di dunia. Dan ini langkah besar bagi kami menuju ke sana", ucap Martin Coppola, CEO Decathlon.

Anggaran ekstra yang datang, lebih lanjut, memberi AG2R semangat baru untuk meraih sukses lebih besar. "Kami telah memenangi etape Tour de France dalam lima tahun terakhir. Jadi kami ingin sukses yang sama, memenangi etape dan posisi lebih baik di GC (general classification, Red). Felix Gall finis di urutan delapan tahun lalu. Jadi kenapa tidak finis lima besar tahun depan?", kata Vincent Lavenu, manager AG2R.

Pembalap andalan lain AG2R adalah Ben O'Connor, Benoit Cosnefroy, Aurelien Paret-Peintre, Oliver Naesen, dan Larry Warbasse. Untuk amunisi sprint, kini mereka punya Sam Bennett, yang sebelumnya berkali-kali menang sprint untuk Bora-Hansgrohe. (mainsepeda)


COMMENTS