Menang di Vuelta, Lennard Kamna Lengkapi Koleksi Victory Etape Grand Tour!


Selebrasi Lennard Kamna di garis finis setelah berhasil memenangkan etape ke-9 Vuelta a Espana

Lennard Kamna (Bora-Hansgrohe) berhasil melengkapi kemenangan Grand Tour miliknya setelah berhasil menjadi juara di etape ke-9 Vuelta a Espana Minggu waktu setempat (3/9). Kamna menjadi juara lewat serangan solo breakaway yang dilakukannya di garis finis di Collado de la Cruz de Caravaca.

Etape ke-9 Vuelta a Espana menghadirkan tantangan menuju puncak pegunungan Collado de la Cruz de Caravaca di rute sepanjang 184,5 km. Jumbo-Visma memimpin di depan peloton ketika balapan memasuki kilometer 10.

Ketika balapan memasuki kilometer 50, Jumbo-Visma masih memimpin dan terus memperlebar jarak dengan peloton pengejar di belakang. Pada 80 km terakhir jelang finis, Jumbo-Visma mendapatkan ancaman dari tim Soudal-QuickStep yang mencoba mengambil alih posisi terdepan. Aksi saling serang terjadi ketika memasuki tanjakkan terakhir menuju garis finis.

Lennard Kamna bersama Matteo Sobrero (Jayco-AlUla) dan Chris Hamilton (dsm-firmenich) kemudian melakukan breakaway untuk memecah dominasi Jumbo-Visma di peloton pemimpin. Saat 5 km jelang garis finis, Kamna melakukan serangan solo dan berhasil merebut kemenangan di etape ke-9 Vuelta a Espana dan sekaligus melengkapi gelar Grand Tour-nya.


Dari kiri Matteo Jorgenson, Lennard Kamna, dan Chris Hamilton ketika melakukan breakaway di tanjakkan terakhir

Sebelumnya, Lennard Kamna sudah berhasil memenangkan etape Tour de France pada 2020 dan Giro d’Italia pada 2022.

“Saya sangat senang dengan kemenangan ini. Saya telah bekerja keras untuk balapan ini selama beberapa bulan terakhir,” ujar Kamna dilansir dari Cyclingnews.

“Ketika saya melihat celah di depan, saya mencoba melakukan serangan untuk bisa meraih kemenangan. Kemenangan ini sangat berarti bagi saya, bahkan saya rela melewatkan Tour de France musim ini untuk bisa meraih kemenangan etape di sini untuk melengkapi gelar Grand Tour saya,” tutup pembalap asal Jerman itu.

Sementara di klasemen GC, tidak terjadi perubahan signifikan dengan Sepp Kuss (Jumbo-Visma) masih mempertahankan jersey merahnya dan diikuti Marc Soler (UAE Team Emirates) di posisi kedua dan Lenny Martinez (Groupama-FDJ) di posisi ketiga. (Mainsepeda)


COMMENTS