Banyak Pembalap Celaka, Andreas Kron Menangi Etape 2 Vuelta a Espana 2023


Selebrasi Andreas Kron setelah berhasil finis terdepan di etape 2 La Vuelta a Espana 2023.

Balapan La Vuelta a Espana 2023 masih diiringi kekacauan akibat kecelakaan yang salah satunya disebabkan cuaca buruk. Itu pula yang terjadi di etape 2, yang digelar Minggu 27 Agustus 2023.

Pembalap Lotto Dstny, Andreas Kron (Lotto Dstny) keluar sebagai pemenang etape 2 Vuelta a Espana 2023. Ia berhasil melakukan akselerasi dengan baik di tanjakan curam menuju puncak Castell de Montjuic. Tiga kilometer terakhir sebelum finis.

Pembalap Denmark itu melaju paling depan saat menuruni bukit untuk merebut kemenangan etape 2 Vuelta a Espana 2023. Ia unggul tujuh detik dari peloton pengejar kecil.

Kron mendedikasikan kemenangan etape pertamanya di Grand Tour untuk rekan setimnya Tijl De Decker, yang meninggal dunia Jumat lalu setelah mengalami kecelakaan latihan. 

Ia mengaku sebenarnya sejak awal mengincar kemenangan di Grand Tour yang akan didedikasikan untuk mendiang ibunya. "Tapi tim ini sedang melalui masa yang sangat sulit saat ini. Jadi saya sangat ingin mendedikasikan kemenangan ini untuk Tijl De Decker. Ibuku akan mendedikasikannya untuk Tijl De Decker. Semoga kemenangan kedua segera datang untuk ibuku," ujar Kron.

Sementara itu, posisi kedua etape 2 diraih Kaden Groves (Alpecin-Deceuninck). Berikutnya ada Andrea Vendrame dari AG2R Citroen di posisi ketiga.

Penyelenggara memenuhi permintaan tim dan pembalap dalam menentukan waktu general classification (GC) akibat cuaca buruk yang terjadi di sepanjang balapan. Waktu GC diambil dari sisa 9 km karena looping di sekitar Castell de Montjuic membahayakan. Kondisinya basah akibat cuaca buruk.


Matteo Sobrero dari Jayco AlUla berada di depan peloton dengan kondisi jalanan yang basah.

Namun, bonus waktu di Castell de Montjuic di empat kilometer terakhir masih berperan dalam perebutan red jersey (jersey pemimpin klasemen GC).

Etape kedua menempuh jarak 181,3 km. Dari Mataro ke Barcelona. Sebelum etape 2 dimulai, penyelenggara memundurkan start resmi di Mataro sejauh 2 km karena adanya jalur yang banjir.


Direktur Vuelta a Espana Javier Guillen memimpin peloton sebelum dimulainya etape 2.

Di tengah kekacauan yang terjadi, Andrea Piccolo (EF Education-EasyPost) akhirnya berhasil merebut red jersey. Ia finis 04:27:23. Unggul 11 detik dari rekan senegaranya Javier Romo (Astana Qazaqstan). Sementara posisi ketiga ditempati Ivan García Cortina (Movistar).

Sementara itu, pembalap yang celaka di Vuelta a Espana 2023 terus bertambah. Di etape 2, Primoz Roglic (Jumbo-Visma), Geraint Thomas (Ineos Grenadiers), dan Rui Oliveira (UAE Team Emirates) dan pemimpin Team Time Trial di etape 1, Lorenzo Milesi (dsm-firmenich) mengalami kecelakaan.(mainsepeda)

Hasil Etape 2 La Vuelta a Espana 2023

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS