Tom Pidcock Juara MTB World Championship XCO, Mathieu van der Poel Celaka Lagi

Tom Pidcock berhasil meraih emas sekaligus menyandang gelar juara dunia setelah memenangi MTB World Tour Championships nomor cross country Olympic (XCO), Sabtu 12 Agustus 2023. Itu setelah ia menyelesaikan balapan dalam waktu 1 jam, 22 menit, dan 9 detik.

Hasil tersebut sekaligus mengubur target Mathieu van der Poel menjadi juara dunia di tiga nomor balap sepeda berbeda di tahun yang sama. 

MTB World Championships yang menjadi bagian dari UCI World Championships 2023 digelar di Hutan Glentress, Skotlandia. Tom Pidcock memulai balapan dari baris kelima. Pembalap Inggris itu bergabung dengan grup depan setelah 31 menit balapan. Dua kemudian ia berhasil menyalip juara dunia 10 kali asal Swiss, Nino Schurter.

Dengan satu lap tersisa, Pidcock unggul 23 detik dari pesaing terdekatnya, Samuel Gaze dari Selandia Baru. Akhirnya Pidcock finis diikuti Gaze yang terpaut 19 detik. Sementara Schurter harus puas dengan medali perunggu setelah finis 34 detik di belakang Pidcock.

"Ini sangat melegakan. Sebab di beberapa lap terakhir saya sempat ada masalah dengan gear sepeda saya. Benar-benar menegangkan," kata Pidcock.

Baca Juga: Tunda Debut, Mathieu Van der Poel Hanya Turun di MTB Cross Country Olympic

Pidcock meraih gelar MTB World Cup pertama kali pada 2021. Saat itu ia terjun di kategori elite. Tapi sebelumnya ia sudah memenangkan medali emas Olimpiade Tokyo. Saat itu ia menjadi juara olimpiade termuda untuk balapan MTB. . 

Sementara itu hasil balapan MTB World Championship XCO menggagalkan misi Mathieu van der Poel meraih rekor mendapaatkan gelar juara dunia di tiga kelas balapan berbeda dalam satu tahun.

Sebagaimana diketahui, tahun ini pembalap Belanda itu meraih juara dunia Cyclocross pada Februari 2023. Lalu di UCI World Championships 2023, MVDP -begitu ia biasa disapa- meraih gelar juara dunia road race.

Van der Poel sebenarnya semapt meraih posisi yang menjanjikan ketika memulai balapan. Sayang, ia kembali siap seperti saat balapan road race. Van der Poel terjatuh lagi. Tapi kali ini ia gagal melanjutkan balapan.

"Roda depan saya tergelincir di bagian trek yang sebenarnya relatif mudah. ​​Itu salah saya sendiri. Saya tidak bisa banyak bicara selain marah pada diri sendiri," katanya seperti dikutip dari NOS.

Sebenarnya, target Van der Poel bukan sekadar meraih gelar juara dunia. Tapi juga memastikan tiket Olimpiade Paris 2023. Sesuai aturan, hanya 19 negara teratas dalam peringkat UCI yang akan bisa turun di Olimpiade. Belanda sendiri berada di posisi ke-24.

Beruntung harapan Belanda bisa turun di Olimpiade masih terjaga oleh Tom Schellekens. Pembalap muda itu finis kelima di balapan U-23. Di mana slot di nomor itu diperebutkan negara-negara yang belum lolos melalui sistem peringkat. "Saya harus berterima kasih kepada Tom," kata Van der Poel menyikapi hasil yang diraih juniornya itu.(mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS