Dianggap Halangi Sprint Pogacar di Etape 14, Dua Media Peliput TdF Didenda

Drama di akhir etape ke-14 terjadi ketika Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) menyerang rivalnya Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma). Tapi attack yang dilakukan Pogacar gagal. Penyebabya bukan karena pembalap lain ataupun rute. Melainkan kelalaian sepasang kendaraan bermotor yang menghalangi Pogacar saat ia melakukan attack.

Kejadian ini tentunya merugikan Pogacar dan timnya. Akibat gangguan itu, Pogacar harus kehilangan waktu.

Kondisi di lapangan, sejak 500 meter jelang puncak tanjakan Col de Joux, penonton memang memenuhi dua sisi jalan.

Pogacar sempat melakukan akselerasi untuk menyalip Vingegaard. Namun sayangnya tidak ada ruang bagi Pogacar untuk menyalip Vingegaard. Saat itu jalan terhalang dua sepeda motor yang melakukan peliputan persaingan dua pembalap tersebut.

Akibat dari kejadian ini, commissaire menyatakan telah terjadi pelanggaran aturan media yang sedang meliput balapan.

Ternyata dua kendaraan bermotor itu ditumpangi seorang fotografer serta penyiar France Television. Juga satu fotografer dari L’Equipe.

Commissaire akhirnya mendapatkan hukuman skors untuk etape ke-15 TdF, serta denda sebesar Rp 8,6 juta.

“Ketika saya melihat Pogacar melakukan serangan, saya memberi tahu kepada pengemudi untuk menambah kecepatan. Namun kami berada dalam situasi yang sulit,” ujar Bernard Papon, fotografer L’Equipe dilansir dari Cyclingnews.

Kerumunan yang padat, menurut Papon membuat tim sulit bermanuver. "Kami melakukan kesalahan. Saya sangat menyesal dan meminta maaf pada Pogacar atas kejadian ini,” ujar Papon.

Pogacar memberikan tanggapannya soal kejadian ini setelah balapan, “Peluru yang saya lancarkan seakan terbuang percurma. Mungkin kejadian itu tidak mengubah hasil akhir, namun saya tidak bisa melakukan sprint untuk bisa mendapatkan bonus waktu,” ujar Pogacar.

Rekan setim Pogacar, Adam Yates juga turut berkomentar. “Kejadian ini sangat memalukan. Kami seakan tidak memiliki banyak ruang melakukan manuver karena banyaknya kendaraan bermotor dan penggemar yang berkumpul di bahu jalan,” ucap Yates.

Akibat dari kejadian ini, Pogacar harus kehilangan bonus waktu untuk mengejar Vingegaard. Namun, meski tidak berhasil mendapatkan bonus waktu. Pogacar berhasil membalikkan keadaan dan berhasil finis di posisi kedua.(mainsepeda)


COMMENTS