Banana Budhal Bromo di Ultah Ketiga, Aturan COT Sesuai Berat Badan

Ikut event Bromo KOM Challenge ternyata meninggalkan kesan mendalam buat anggota Banana Cycling Community (Banana CC). Sampai-sampai komunitas itu rela mengulangi perihnya rute tanjakan Bromo KOM di ulang tahun ketiganya.

Ya, Banana Cycling Community baru saja membuat acara bernama Banana Budhal Bromo. Acara itu digelar untuk menandai usia mereka yang sudah menginjak tiga tahun.

Banana Budhal Bromo merupakan acara internal, yang bersifat balapan. Tapi dikemas fun. Acara itu berlangsung Sabtu 8 Juli 2023. Diikuti sekitar 30 anggota komunitas tersebut.

Fun race ala Banana CC dimulai dari Alun-alun Sidoarjo. Mereka melaju dengan speed damai menuju pit stop di salah satu minimarket di Kota Pasuruan.

Setelah rehat selama setengah jam, perjalanan dilanjut menuju titik start KOM di Pasar Pasrepan. Start KOM dimulai sekitar pukul 08.45 WIB. Cuacanya sangat mendukung. Mendung. Tidak panas.

Bahkan anggota Banana CC sempat diguyur hujan deras selepas melewati KUD Puspo. Hujan mereda dan diganti dengan cuaca berkabut ketika memasuki Gapura Tosari hingga Jembatan Baledono. Kemudian menjelang pertigaan Tosari, cuaca mendadak sangat terik.

Seperti event balap sesungguhnya, Banana Budhal Bromo juga memberlakukan cut off time (COT), yakni 4,5 jam.

Nah di sini uniknya. Perhitungan waktu masing-masing peserta ternyata berbeda. COT-nya ditentukan oleh berat badan peserta saat mendaftar.

Peserta dengan berat badan 65 kg ke bawah mendapat penalti waktu tempuh selama 2 menit, setiap kg berat badan. Sebaliknya peserta dengan berat badan lebih dari 65 kg mendapat bonus waktu 3 menit setiap kg berat badan.

Dengan begitu, peserta terberat yang memiliki bobot 110 kg tetap akan kompetitif dengan peserta paling ringan, misalnya 60 kg. Panitia membuat konsep seperti itu agar semua peserta bisa full senyum saat mencapai garis finis di Wonokitri.

"Kami bersyukur karena event ini memicu semangat anggota untuk gowes kembali. Bahkan semangatnya berlipat ganda demi jadi finisher dan demi mengejar personal record," kata Edy Suprapto, juru bicara Banana CC. Pemenang event ulang tahun ini mendapatkan sejumlah hadiah. Termasuk bakal dikirim mengikuti event Trilogi Jatim yang dihelat Mainsepeda.

Bikin event gowes untuk merayakan ulang tahun bukan kali ini saja. Pada 2021, Banana CC mengadakan gowes bareng dengan Youtuber Donny Adhika di Jogjakarta.

Rute yang dipilih dalam dua hari ride itu bukan sembarangan. Hari pertama menempuh jarak 120 km dengan elevation total 1.600 meter. Hari berikutnya masih disiksa dengan jarak 80 km dengan elevasi total 1.900 meter.

Lalu pada perayaan ulang tahun kedua (2022), Banana CC juga membuat event gowes bareng. Kali ini konsepnya long ride dengan total jarak hampir 1.000 km. Long ride itu sekaligus mencicipi rute 5 gunung. Kelud-Arjuna-Welirang-Penanggungan-Kawi.

Selain itu, Banana CC juga sempat menghelat gowes bareng dengan tema Trihundret Ring of Madura, serta Surabaya-Tugu Yogyakarta."Tahun depan kami berupaya membuat perayaan yang lebih menarik. Pasti ada kejutan rute lagi yang menarik dan menantang," pungkas Edy.(mainsepeda)


COMMENTS