Neilson Powless Rebut Lagi Takhta King of Mountain Tour de France 2023

Neilson Powless (EF Education-EasyPost) sukses merebut kembali jersey polkadot di Tour de France 2023. Pembalap asal Amerika Serikat itu berhasil mengungguli Felix Gall (AG2R Citroen) yang memimpin klasemen King of Mountain (KOM).

Powless kehilangan jersey polkadotnya pada etape ke-5, setelah direbut oleh Felix Gall. Kemudian di etape ke-6 ia kembali merebut takhta KOM setelah sukses melepaskan diri di awal balapan dan meraih poin maksimal di Cote de Capvern-Les-Bains dan Col d’Aspin

“Saya sudah merasakan betapa mudahnya Anda bisa kehilangannya, untuk saat ini saya akan menikmati momen kemenangan ini,” ujar Powless saat diwawancara Cyclingnews, usai merebut kembali jersey polkadot.

Powless memimpin klasemen pegunungan Tour de France 2023 sejak etape ke-1. Setelah ia berhasil meraih lima poin di puncak Cote de Vivero dan memperbesar keunggulannya melalui breakaway di etape kedua dan ketiga.

Di etape kelima, Gall melakukan breakaway dan merebut 20 poin di Col de Soudet, dan merebut jersey polkadot dari Powless.

Pada etape keenam di pegunungan Pyerenees, Powless meraih poin penuh di tanjakan menuju Cauterets-Cambasque. Mengantarkannya kembali merebut pimpinan klasemen dari Gall.

“Hari ini rasanya sangat sulit. Saya melihat ada kesempatan bagus untuk mengambil poin. Saya mencoba mengerahkan seluruh kemampuan saya dan berusaha meraih poin sebanyak mungkin,” tambah pembala berusia 26 tahun itu.

Powless bergabung bersama peloton yang diisi Ruben Guerreiro (Movistar), Anthony Perez (Cofidis), Kasper Asgreen (Soudal-QuickStep), Oliver Naesen (AG2R Citroën) dan rekan setimnya, James Shaw ketika menuju Cote de Capvern-les Bains. Powless berhasil mempertahankan posisinya sambil menahan serangan dari tim lain dan akhirnya ia berhasil meraih 10 poin di Col d’Aspin.

Powless kini unggul delapan poin dari Gall di posisi kedua dan sepuluh poin dari Tobias Johannesen (Uno-X) di posisi ketiga. “Saya sangat senang bisa meraih banyak poin hari ini, selanjutnya saya akan menikmati etape-etape berikutnya yang mudah.”

Etape tujuh dan delapan memang hanya memiliki empat tanjakan kecil dan tidak akan berpengaruh pada posisi Powless, ia bisa menjaga posisinya di klasemen dengan tanpa khawatir.(mainsepeda)

Results powered by FirstCycling.com


COMMENTS