Mengenal Omar Di Felice Finisher Pertama Trans Am Bike Race

Omar Di Felice menjadi orang pertama yang berhasil menuntaskan Trans Am Bike Race (TABR). Nama itu berhasil menuntaskan balapan hanya dengan waktu 18 hari. Omar juga berhasil memecahkan rekor pribadinya ketika mengikuti event ini pada 2019 lalu.

Cyclist asal Italia ini memulai perjalanannya pada Minggu, 4 Juni 2023 dari Astoria, Oregon. Ia berhasil mencapai garis finis di Yorktown, Virginia dalam waktu 18 hari 10 jam. 

Sebenarnya, Trans America bukanlah balapan yang baru bagi Omar. Ia sempat menjajal Trans Am pada 2019. Saat itu ia finis dengan catatan waktu 20 hari 10 jam. Ketika itu ia menjadi orang Italia pertama yang berhasil menuntaskan balapan.

“Saya kembali ke balapan ini karena ini adalah satu-satunya balapan yang membuat saya terpesona. Sebenarnya balapan ini tidak sesuai dengan karakter saya yang lebih suka pendakian ringan,” kata Omar dilansir dari website pribadinya, ultracyclingman.

Di TABR 2023 Omar berhasil memecahkan rekor pribadinya. Ia menuntaskan rute sepanjang 6.720 km dalam kurun waktu 18 hari 10 jam. Beda 48 jam dari catatan waktunya di 2019.

Omar mencatatkan kecepatan rata-rata 15 km/jam dan menempuh 377 km/hari. Di 2019 ia hanya gowes 340 km/hari. Pemahaman medan dan tentu persiapan yang lebih matang karena pengalaman, menjadi kunci Omar bisa memecahkan rekor pribadinya.

Untuk setting sepeda, Omar menggunakan sepeda Wilier Triestina Filante yang dilengkapi dengan groupset Shimano Dura-Ace R9200 12 S, dan wheelset Shimano Dura Ace C50. Sedangkan untuk ban, pilihan Omar menggunakan tubeless Continental GP5000 TRS 700x28.

“Ketika Anda mengikuti balapan yang panjang, persiapan diri adalah yang paling utama. Sebab di perjalanan akan mengalami pasang surut dan kita harus berusaha melampaui batas diri,” ujarnya Omar.

Omar bukanlah cyclist kemarin sore di ultra cycling, dua bulan sebelum Trans America, ia sempat ikuti di event Race Across Italia. Omar juga berpengalaman di beberapa event ultra dunia seperti Nordkapp, Tortour, Paris-Rome, Dolomitica, dan Trans Dominica.(mainsepeda)

Saksikan Episode Terbaru Podcast Mainsepeda


COMMENTS