Setelah Menderita di Tanjakan, Perjalanan Dzaki Banyak Rute Datar


Perjalanan Dzaki di TABR di hari ke-10, Kamis 15 Juni 2023.

Perjalanan Dzaki Wardana di Trans Am Bike Race (TABR) atau Trans America sudah mencapai hari kesepuluh. Di hari ke-10 itu harusnya sikssaan tanjakan sudah tidak ditemui cyclist asal Tangerang itu.

Mainsepeda terakhir tersambung Dzaki pada Kamis, 15 Juni 2023 sekitar pukul 7 waktu Indonesia. atau Rabu, 14 Juni 2023 pukul 18.30 waktu setempat. Juara Bentang Jawa 2022 itu mengambarkan dalam posisi menuju Scott City di Kansas. "Sekitar 100 km lagi. Mau istirahat di sana nanti," katanya.

Dilihat dari rute TABR, Dzaki Wardana ke depan bakal banyak menghadapi rute datar dan panjang. Melintasi berbagai kota di Kansas. Hingga tulisan ini dibuat pukul 11.00 WIB, Dzaki masih aktif bersepeda.

Dua hari sebelumnya, Dzaki harus menaklukkan tantangan TABR dengan siksaan luar biasa. Ia harus melewati rute tanjakan dengan cuaca ekstrem. Ia sempat merasakan hujan es. Belum lagi tipisnya udara di ketinggian.

Selama mengikuti TABR, Dzaki sebenarnya sudah sangat cepat beradaptasi. Pertama yang ia keluhkan soal cuaca. Ia sudah menemukan solusinya dengan menggunakan beberapa rangkap baju.

Tapi masalah di jalanan masih saja kerap ditemukan Dzaki. Yang paling sering ia temui adalah bike computernya error. Kemudian kondisi ban yang sering bocor atau pecah karena medan yang terjal. Dan terakhir, Dzaki seringkali kesulitan menemukan tempat mengisi logistik.

Masalah terakhir Dzaki tertolong oleh sepedanya yang dipakai, yakni Wdnsdy Journey KS. Karena ada di sepeda itu ada tambahan mounting di fork sehingga Dzaki bisa menambahkan dua bidon di samping kanan dan kiri fork Wdnsdy Journey KS.

Dzaki Wardana menjadi orang Indonesia pertama yang ikut TABR. Event yang rutin digelar sejak 2014 itu memiliki rutenya sepanjang 6.800 km dengan elevasi total mencapai 53.000 meter. Jika dilihat dari capaiannya sampai hari kesepuluh, Dzaki sudah menempuh 2.174,6 mil atau 3.499 km. Artinya ia sudah setengah perjalanan.

Ikuti pembahasan perjalanan Dzaki Wardana di TABR bersama Azrul Ananda dan Johnny Ray di Podcast Mainsepeda terbaru di bawah ini


COMMENTS