Bart Lemmen, Tentara Belanda yang Alih Profesi Menjadi Pro Cyclist

Jika di Antangin Bromo KOM Challenge 2023 lalu ada sejumlah purnawirawan atau tentara aktif yang ikut gowes untuk sekadar menyalurkan hobi, cerita berbeda datang dari Belanda. Di sana ada tentara bernama Bart Lemmen. Ia merupakan komandan peleton di Angkatan Udara yang beralih profesi menjadi cyclist professional.

Perjalanan pria berusia 27 tahun itu menjadi pesepeda pro terbilang cukup unik. Hingga Desember 2022 lalu, ia masih tercatat sebagai seorang tentara. Sebelum itu, ia sudah beberapa kali terlibat dalam event balap sepeda. Ia ikut event-event balap di tengah tugas kemiliteran.

Salah satu momentum Lemman memutuskan beralih profesi adalah ketika ia berhasil menempati posisi kesembilan di kejuaraan time trial Belanda pada 2021. Hanya berselang dua menit dari sang juara, Tom Dumuolin.

Satu setengah tahun kemudian, Lemmen memutuskan beralih profesi sebagai pembalap pro. Ia bergabung bersama tim Human Powered Health. Menurut Lemmen, salah satu yang membuatnya alih profesi adalah "rayuan" pembalap Belanda Nina Buijsman.

“Semuanya terasa sangat wajar, tapi setelah saya sadari karier saya terbilang cukup aneh. Dan, mimpi menjadi pesepeda profesional adalah mimpi saya sejak lama,” ujar Lemmen dilansir dari Velonews.

Lemmen pertama kali bergabung di klub sepeda pada 2017. Saat usianya masih 21 tahun. Ketika itu ia juga tercatat sudah menjadi prajurit militer. Lemmen pertama kali berkompetisi di ajang UCI pada September 2018. Pada 2021, Lemmen sempat meriah posisi kedelapan di Kejuaraan nasional TT.

“Perjalanan menjadi pesepeda profesional sangat sulit di sini. Anda hanya bisa menjadi pembalap pro jika sangat muda, berbakat, kemudian akan direkrut oleh tim WorldTour atau tim Pro Continental,” katanya. Dengan kondisi itu, Lemmen sempat tidak bermimpi lagi menjadi pembalap sepeda. 

"Saya sadar usia saya sudah di atas 23 tahun. Rasanya tidak ada kesempatan lagi untuk menjadi pesepeda pro. Ternyata takdir berkata lain, karier saya sebagai pesepeda pro terbuka di umur yang sudah terbilang tua,” ujarnya Lemmen.

Lemmen tampil cukup mengesankan di musim 2022. Ia ikut serta dalam Volta Limburg Classic dan berhasil finis di posisi ke-10. Padahal di dalam peloton itu ada Philippe Gilbert, pembalap yang sudah malang melintang di WorldTour.

Menariknya, lima hari sebelum balapan di Volta Limburg Classic, Lemmen sempat bertugas ke Jerman sebagai komandan peloton Angkatan Udara Belanda. Jadi sebenarnya saat itu tak ada waktu berlatih untuk Lemmen.

Terakhir Lemmen berhasil meraih posisi ketiga Mountain Classification di Giro di Sicilia, yang diselenggarakan di Italia April lalu.(mainsepeda)

Jangan lupa saksikan Podcast Mainsepeda terbaru


COMMENTS