Kenalkan Landmark Surabaya Lewat "Race" Rally Challenge

Memasuki bulan Mei, banyak keseruan hadir di Surabaya. Banyak komunitas menggelar acara untuk turut menyemarakan Hari Ulang Tahun (HUT) Surabaya, yang jatuh tiap 31 Mei. Salah satu yang cukup seru adalah "Race" Rally Challenge.

Event gowes itu dihelat oleh Wdnsdy Cafe dan komunitas Kelas 5.30, Minggu 21 Mei 2023. Event itu sengaja digelar untuk meramaikan HUT ke-730 Surabaya. Sekaligus menjalin silahturahmi antar komunitas sepeda di Kota Pahlawan.

Peserta "Race" Rally Challenge ini 100 cyclist. Mereka kemudian dibagi dalam 33 tim. Para cyclist itu datang dari beberapa komunitas sepeda di Surabaya. "Hampir setiap komunitas mengirimkan perwakilannya," kata Bagus Ananditya dari Kelas 5.30.

"Race" Rally Challenge mengemas konsep yang terbilang unik. Peserta tidak hanya diajak bersepeda. Namun peserta di setiap checkpoint mendapatkan kuis yang harus ditebak. Kuis itu tak jauh-jauh dari landmark Surabaya.

Jadi, semua peserta wajib bisa menebak setiap clue yang diberikan panitia, sebelum melanjutkan gowes checkpoint lainnya, sampai kemudian berakhir di garis finis.

“Konsep ini sengaja kami usung untuk mengenalkan landmark di Surabaya. Setiap peserta harus bisa menebak clue yang kami berikan. Dan setiap tim bisa membuat strategi sendiri agar mereka lancar di setiap checkpoint," jelas Bagus.


Ekspresi salah satu peserta ketika sedang berusaha memecahkan clue di "Race' Rally Challenge.

Komunitas Kelas 5.30 sendiri lahir dari teman tongkrongan yang secara tidak sengaja selalu kumpul buat gowes bareng tepat pukul 5.30. Jadilah komunitas ini terbentuk pada 2020 lalu.

“Awalnya kami teman nongkrong. Masing-masing sebenarnya sudah punya komunitas sendiri. Teman-teman ada yang pakai fixed gear dan road bike. Awal terbentuk 15 orang, tapi kini anggota aktif sudah mencapai 25 orang,” tambah Bagus.

Kelas 5.30 mempunyai agenda gowes Sabtu Berkelana dan Minggu Protein. Sabtu Berkelana adalah agenda gowes ke tempat yang sebelumnya belum pernah dikunjungi.

Sedangkan Minggu Protein bisa dibilang seperti recovery ride setelah berkelana. Biasanya agenda Minggu pagi ini lebih banyak kulinerannya.(mainsepeda) 

Foto: @potatocycling


COMMENTS